Ilustrasi ruang kerja di rumah. (Shutterstock/SeventyFour)
Ilustrasi ruang kerja di rumah. (Shutterstock/SeventyFour) ( KOMPAS.COM)

6 Cara Menata Ruang Kerja untuk Mendorong Kesuksesan Berdasarkan Feng Shui

10 November 2022 19:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Feng shui adalah ilmu Tiongkok kuno yang digunakan untuk mengatur barang-barang dan menata ruangan di rumah agar energi positif bisa mengalir. 

Ruang keluarga dan kamar tidur sering menjadi ruangan yang dapat penataan dengan cara feng shui. 

Tapi, selain kedua ruangan tersebut, ruang kerja di rumah juga perlu mendapat penataan dan desain sesuai feng shui demi memberi kenyamanan bekerja serta menunjang kesuksesan karier. 

Stres pekerjaan menjadi masalah yang sering dialami banyak pekerja urban saat ini, terlebih mereka yang bekerja dari rumah atau (WFH). 

Karena itu, perlu menata ruang kerja semenarik mungkin dan menerapkan feng shui di dalamnya. 

Dikutip dari Home and Decor, Rabu (9/11/2022), berikut cara menata ruang kerja menurut feng shui untuk mendorong kesuksesan karier.    

Tempatkan elektronik kantor di sebelah kiri

Cara menarik keberuntungan dan energi positif di tempat kerja adalah meletakkan ponsel atau komputer di sebelah kiri tempat duduk di ruang kerja.

Alasannya, sisi kiri adalah milik Naga Hijau yang memberi kemakmuran dan harmoni di ruang kerja.

Sisi kanan adalah milik Macan Putih yang akan menarik lebih banyak tantangan di tempat kerja, kecuali jika Anda berada dalam posisi memerintah atau selalu berurusan dengan otoritas yang sulit.  

Gunakan tanaman 

Jika posisi kerja Anda, baik di rumah maupun kantor, di sudut ruangan, letakkan tanaman mini kecil di depan meja untuk membawa energi positif ke area yang stagnan.

Ini dapat membuat Anda bekerja lebih baik serta meningkatkan kesehatan dan stamina. Tapi, hindari menggunakan tanaman kaktus atau tanaman apa pun yang berduri atau terlalu banyak bunga karena bisa menjadi penghalang daripada memberikan bantuan.

Pastikan memakai tanaman asli karena tanaman palsu dapat menarik energi negatif, bahkan menurunkan suasana hati dan harga diri Anda saat ini.    

Nyalakan musik untuk menghilangkan ketegangan

Untuk memastikan keharmonisan serta menenangkan saraf dan emosi, nyalakan musik saat bekerja. Musik dapat menenangkan ketegangan bekerja dan energi negatif.

Cobalah menghindari sesuatu yang terlalu optimis atau energik karena dapat mengalihkan perhatian Anda jika ingin berkonsentrasi pada pekerjaan.

Namun, setiap orang memiliki selera musik dan cara menanggapi yang berbeda. Jika Anda merasa musik rock menenangkan, lanjutkan dan mainkan.  

Hindari menempatkan meja kantor menghadap sudut dan tepi yang tajam

Pastikan meja atau ruang kerja tidak menghadap ke sudut atau tepi yang tajam seperti pilar, bangunan, atau dinding lain. Tepi tajam dapat mengundang energi negatif serta menyebabkan migrain, sakit kepala, tekanan, dan ketidakbahagiaan untuk diri sendiri juga orang lain.

Karena itu, jaga agar meja kerja menghadap ke arah berbeda atau coba letakkan blokade dan sesuatu di antara meja dan ujung atau sudut yang tajam jika Anda tidak dapat memindahkannya.

Kalau itu benar-benar tidak dapat dihindari dan Anda merasa tidak nyaman, letakkan semangkuk garam atau lampu garam di antara Anda serta sudut tajam untuk meminimalkan tekanan juga energi negatif. 

Memiliki partisi antara meja dan pintu

Bila meja kerja ghadap ke pintu, jalan setapak, atau koridor, pastikan memiliki partisi mini untuk memblokir energi langsung yang mungkin mempengaruhi Anda.

Koridor dan bukaan pintu memiliki bentuk energi yang bergerak cepat. Ada energi yang dapat mengalihkan perhatian Anda sehingga tidak dapat berkonsentrasi penuh pada pekerjaan. 

Pastikan memiliki blokade atau dinding kecil yang memastikan Anda tidak mudah melihat pintu atau koridor di depan Anda. Bila itu ruang kerja di rumah, Anda dapat memasang tirai sebagai pengganti partisi.    

Hindari menggantung cermin di ruang kerja 

Hindari menggantung cermin di kantor atau ruang kerja rumah, terutama di belakang Anda. Ini juga berlaku untuk gambar atau apa pun yang sangat memantulkan atau bertindak seperti cermin.

Sebab, hal ini menyebabkan Anda menarik keluhan serta meningkatkan kemungkinan orang ingin menusuk Anda dari belakang.

Jika perlu memeriksa riasan atau menata rambut, gunakan cermin kompak kecil yang bisa dibawa-bawa di dompet atau tas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Menata Ruang Kerja untuk Mendorong Kesuksesan Menurut Feng Shui", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/09/173500776/6-cara-menata-ruang-kerja-untuk-mendorong-kesuksesan-menurut-feng-shui?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.