Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022(Dok. HRC)
Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022(Dok. HRC) ( KOMPAS.COM)

Marquez Minta Honda Menaruh Perhatian Pada 2 Hal di RC213V 2023

12 November 2022 18:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Marc Marquez sudah menguji Honda RC213V pada sesi tes resmi di Valencia. Tapi, dia mengaku masih belum puas dan perlu dilakukan peningkatan pada motor tersebut.

Marquez mengatakan, saat balapan di Valencia, dia terjatuh karena mengerem terlalu lambat. Namun, sejak start juga dia merasa sudah ada masalah.

"Jika Anda melihat start saya tahun ini, saya selalu start dengan baik. Saya kehilangan posisi di sini dan merasa ada sesuatu yang salah," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (12/11/2022).

Marquez menambahkan, hasil analisa memperlihatkan bahwa torsi yang dikeluarkan tidak sama seperti saat latihan. Setelah balapan, tim pun mengatakan memang ada masalah.

"Saya ada di posisi keempat, di belakang (Alex) Rins. (Jorge) Martin, dan (Jack) Miller, ketika saya terjatuh. Saya ingin naik podium, jadi saya terlalu agresif dan mengerem terlambat," kata Marquez.

Menurutnya, kalau selalu mengerem terlambat seperti yang dilakukannya, tidak masalah jika cuma dua lap atau enam lap, tapi tidak untuk 27 lap. Jika terlalu agresif, maka besar kemungkinannya akan mengalami lowside.

Setelah mencoba RC213V versi 2023, Marquez pun langsung menaruh perhatiannya pada dua hal, yakni mesin dan cornering speed.

"Mesin itu penting. Jika Anda mendapatkan 0,05 detik di setiap trek lurus, Anda bisa mengerem terlambat, Anda tidak perlu mengambil risiko terlalu banyak. Untuk itu, kita harus meningkatkan pengereman di trek lurus," ujarnya.

"Kita juga harus meningkatkan cornering speed. Kita keluar dari tikungan terlalu lambat sekarang ini, tapi masalahnya muncul begitu masuk tikungan. Jika Anda menikung terlambat atau terlalu pelan, Anda otomatis akan kehilangan momentum saat keluar tikungan," katanya.

Dua hal tersebut yang menurut Marquez penting untuk ditingkatkan. Sebab, menurutnya kondisi motornya yang sekarang tidak bisa diandalkan untuk meraih gelar juara dunia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Marquez Minta Honda Fokus Perbaiki 2 Hal di RC213V 2023", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/12/134100715/marquez-minta-honda-fokus-perbaiki-2-hal-di-rc213v-2023.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm