Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan di agenda pembukaan Ocean20 (O20), Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022). Luhut undang Xi Jinping hadiri peresmian operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung pertengahan 2023.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan di agenda pembukaan Ocean20 (O20), Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022). Luhut undang Xi Jinping hadiri peresmian operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung pertengahan 2023. ( Dokumentasi Kemenko Marves)

Luhut: Progres Kereta Cepat 80,40 Persen, Beroperasi Pertengahan 2023

17 November 2022 17:13 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, progres proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mencapai 80,40 persen.

Luhut mengatakan, akan terus melanjutkan pembangunan KCJB agar rampung sesuai target pada pertengahan 2023.

"Saya melaporkan progres pembangunan kereta api cepat saat ini sudah mencapai 80,40 persen, ini harus jadi dan tidak boleh mundur. Itu adalah tekad saya pribadi untuk menyelesaikan ini," kata Luhut dalam uji dinamis KCJB di Bali yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/11/2022).

Luhut mengatakan, proyek kereta api cepat ini merupakan salah satu proyek utama Global Maritime Fulcrum - Belt and Road Initiative (GMR-BRI) yang menjadi landmark kerja sama antara Indonesia dan China.

Karenanya, kata dia, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk memberikan dukungan penyelesaian proyek kereta cepat ini baik dalam bentuk kebijakan dan finansial sesuai peraturan yang ada.

Selain itu, Luhut mengatakan, proyek kereta cepat ini menjadi batu loncatan untuk proyek-proyek kerja sama antara Indonesia dan China seperti, kawasan industri Morowali, kawasan industri hijau di Kalimantan Utara dan lainnya.

"Serta beberapa proyek kerja sama lainnya yang akan berdampak sangat signifikan terhadap pembangunan di Indonesia," ujarnya.

Lebih Lanjut, Luhut mengundang Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping untuk menghadiri peresmian operasional kereta cepat pada pertengahan tahun 2023.

"Kami mengharapkan presiden Xu Jinping bisa menghadiri peresmian operasional kereta api cepat Jakarta-Bandung pada pertengahan tahun depan bersama dengan Presiden Joko Widodo," ucap dia.

Sebelumnya, Jokowi dan Xi Jinping menyaksikan uji dinamis kereta secara virtual dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Rabu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm