Baterai remot kunci mobil(Dicky Aditya Wijaya)
Baterai remot kunci mobil(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Baterai Remote Keyless Dayanya Habis, Apa Pintu Mobil Masih Dapat Dibuka?

27 November 2022 21:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktivitas Mengoperasikan mobil menjadi lebih praktis dengan hadirnya fitur keyless untuk menyalakan mobil. Tidak cuma untuk menyalakan mesin, fitur ini juga digabungkan dengan alarm untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil.

Dengan demikian, pengendara tidak perlu lagi memakai anak kunci untuk mengunci dan membuka kuncian pintu mobil, atau menekan tombol unlock dan lock di remote.

Cukup menekan tombol di gagang pintu, atau memasukkan tangan ke gagang pintu maka kunci akan terbuka dengan sendirinya.

Semua itu bisa terjadi lantaran remote keyless terpasang di mobil sebagai fitur keamanan modern yang menyenangkan.

Remote ini ditunjang dengan daya baterai, sehingga kalau baterai remote ini dayanya habis mungkin saja akan terjadi masalah.

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho mengatakan bila daya baterai pada remote benar-benar habis hingga tegangannya 0 volt, pintu yang terkunci dengan remote keyless tidak akan bisa dibuka.

“Kalau daya baterainya habis hingga tegangannya 0 volt, maka pintu mobil tidak akan bisa dibuka, melainkan harus mengganti baterai untuk remote terlebih dulu atau mengambil remote cadangannya untuk bisa membuka pintu,” ucap Aji kepada Kompas.com, Minggu (27/11/2022).

Dia mengatakan baterai pada remote keyless biasanya tidak habis secara mendadak, melainkan akan ada peringatan atau gejala bila dayanya mulai melemah.

“Limitnya daya baterai remote keyless bisa bekerja optimal itu sekitar 2,8 volt, kalau barunya 3,0 volt, setelah kurang dari limit biasanya performa remote akan menurun, kadang remote susah dioperasikan seperti susah sinyal,” ucap Aji.

Dia juga mengatakan baterai yang lemah biasanya juga terdeteksi secara sistem, sehingga di layar informasi di mobil akan memberitahu bahwa baterai remote mulai melemah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm