Busi NGK(NGK)
Busi NGK(NGK) ( KOMPAS.COM)

Warna Busi Berubah Hitam dan Merah, Ini Penyebabnya

1 Desember 2022 22:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menjadi salah satu komponen penting, ternyata peran busi pada kendaraan tak sekadar sebagai pemantik untuk ledakan bahan bakar dan udara.

Melalui busi, pemilik mobil juga bisa mengetahui adanya masalah pada mesin. Caranya dengan melihat warna pada elektroda busi.

Perlu diketahui, masing-masing warna menandakan apakah proses pembakaran yang terjadi pada ruang bakar sudah optimal, atau justru sebaliknya.

Menurut Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano, setidaknya ada beberapa warna yang biasa ditemui pada busi dan menandakan adanya masalah pada ruang mesin.

"Paling mudah itu warna hitam. Warna ini (hitam) bisa disebabkan dua faktor, pertama karena karbon dan kedua akibat adanya kebocoran oli," ucap Diko kepada Kompas.com, Rabu (30/11/2022).

"Tandanya kalau karbon itu biasanya kering, sementara kalau karena kebocoran itu basah, istilahnya wet carbon fouling dan dry carbon fouling," katanya.

Cirinya, lanjut Diko, kalau kering ada residu sisa pembakaran yang sebenarnya bisa dengan gampang dibersihkan dengan cara menggeber kendaraan pada RPM tinggi atau high speed.

Sementara untuk kasus yang busi basah, diklaim sedikit sulit. Penyebabnya juga ternyata bukan cuma karena kebocoran oli, namun juga bahan bakar.

"Kalau basah karena oli berarti ada kebocoran. Kalau karena bensin, artinya ada over atau kelebihan bensin pada ruang bakar dan hal ini bikin banyak kotoran menempel yang membuat busi kotor atau deposit," ujar Diko.

Selanjutnya busi dengan warna merah bata dan biasanya terjadi pengelupasan pada elektroda. Hal ini menurut Diko dikarenakan overheat.

Masalah ini sebenarnya cukup klasik, overheat rata-rata terjadi karena penggunaan bahan bakar yang tak sesuai kompresi mesin kendaraan, lalu kebiasaan bermain di RPM tinggi.

"Paling sering oktan BBM yang tidak sesuai ya, jadi banyak yang memakai oktan tinggi sehingga menimbulkan overheat pada busi," ucap Diko.

"Bisa juga karena tingkat panas yang berhubungan dengan kesalahan pemilihan spesifikasi busi atau di bawah standar," lanjutnya.

Selanjutnya overheat pada busi juga bisa dikarenakan proses pendinginan atau cooling system pada mobil yang bermasalah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warna Busi Jadi Hitam dan Merah, Ini Penyebabnya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/01/143100515/warna-busi-jadi-hitam-dan-merah-ini-penyebabnya?page=all#page2.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm