Ilustrasi bermain media sosial
Ilustrasi bermain media sosial ( Thinkstock)

Ternyata Bisa dengan Detoks, Ini 4 Tips Atasi Insecure Karena Media Sosial

2 Desember 2022 08:27 WIB

SonoraBangka.id - Memang, sadar atau tidak bahwa perilaku flexing atau pamer di media sosial bisa mengganggu mental kita.

Apalagi kalau kita tak punya cukup bekal pengetahuan, bahwa apa yang ditampilkan di media medsos itu kebanyakan hanya menampilkan sisi baik dari kehidupan saja.

Tiba-tiba kita sudah merasa insecure dan tak percaya diri melihat pencapaian dan kehidupan orang lain yang lebih wow di media sosial.

Lantas bagaimana, sih, cara agar kita terhindar dari rasa insecure, minder, atau tidak percaya diri melihat konten flexing di medsos? Nah, berikut ini Sri Wulandari, M.Sc., M.Psi., Psikolog., psikolog dari PION Clinician, memberikan tipsnya. Apa saja?

1. Detoks Medsos

Jika dirasa medsos sudah mengganggu hidup Anda, bahkan Anda mulai merasa sulit fokus dengan kehidupan pribadi, mugkin sudah saatnya untuk detoks media sosial.

Caranya, Anda bisa muteunfollow, bahkan memblokir akun-akun yang sekiranya membuat Anda terganggu.

Atau kalau memungkinkan, bisa juga sekaligus meng-uninstall aplikasi media sosial yang ada di gawai Anda.

2. Buat Alarm

Untuk sebagian orang, sulit meninggalkan media sosial sepenuhnya. Apalagi bila pekerjaannya memang mengharuskan mereka membuak medsos. Solusinya bisa membuat alarm untuk membatasi waktu penggunaan media sosial.  

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm