Ilustrasi timlo solo.
Ilustrasi timlo solo. ( Dok. Sajian Sedap)

Cara Membuat Timlo Solo, Makanan Yang Ada Di Pernikahan Kaesang Erina

11 Desember 2022 21:28 WIB

SonoraBangka.id - Timlo menjadi salah satu makanan khas Solo yang disajikan saat acara resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran. Hidangan ini sejenis sup yang didajikan dengan kembang tahu, telur, daging ayam, maupun daging sapi Dikutip dari Kompas.com yang tayang pada (1/12/2022), timlo solo berasal dari  tradisi makanan berkuah di kalangan etnis Tionghoa, namanya sup kimlo. Akan tetapi masyarakat Jawa menyebut hidangan ini dengan nama timlo. Faktanya, timlo bahkan sudah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka, yakni sejak abad ke-19.  Menyantap seporsi timlo solo hangat tidak perlu jauh-jauh ke Solo, kamu juga bisa membuat sendiri timlo di rumah. Simak resep timlo solo  selengkapnya di dalam buku "30 Menu 2 Hidangan: Masakan Jawa Tengah" (2010) karya Dewi Untari terbitan PT Gramedia Utama berikut.

Resep timlo solo

Bahan timlo solo:

2 potong daging dada ayam 

3 siung bawang putih (memarkan dan haluskan)

2 sendok makan irisan bawang bombai

2 sendok makan kecap asin

2 sendok makan kecap manis

Merica secukupnya 

Garam secukupnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm