Ilustrasi nyamuk demam berdarah, nyamuk aedes aegypti.
Ilustrasi nyamuk demam berdarah, nyamuk aedes aegypti. ( )

Sebanyak 680 Pasien Demam Berdarah Dengue di Bangka Barat, 10 Orang Meninggal Dunia Sepanjang 2022

12 Desember 2022 14:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Barat (Babar) mencatat sejak bulan Januari sampai Desember 2022, sebanyak 680 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di Bangka Barat.

Dari jumlah tersebut sebanyak 10 pasien  dinyatakan meninggal dunia akibat digigit nyamuk aedes aegypti. Pasien yang meninggal dunia paling banyak anak-anak.

Rincian kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bangka Barat, yaitu bulan Januari ada 110 orang, Februari sebanyak 58, Maret ada 20, April sejumlah 48, Mei ada 38, Juni 82, Juli ada 83 pasien.

Sementara itu, pada bulan Agustus sebanyak 86, September ada 57, Oktober 39 pasien, November ada 51 orang sementara di bulan Desember sudah ada 8 kasus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursandi menyebutkan, kasus DBD sampai sekarang ada 680 pasein dari kasus itu ada 10 orang meninggal dunia didominasi anak-anak.

"Data tersebut terhitung dari bulan Januari sampai November 2022. Kalau upaya-upaya penanganan, kita sudah melakukan penanganan kejadian luar biasa (KLB). Misalnya dengan membentuk Satgas dan gerakan bersama masyarakat untuk memberantas DBD," ujar Achmad Nursandi, Senin (12/12/2022).

Selain itu, Sandi mengajak semua masyarakat untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M plus dengan menguras bak mandi serta membersihkan tempat penampungan air yang berada di lingkungan masing-masing.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya penambahan pasien di bulan ini dan Januari tahun depan, karena pada bulan tersebut sudah masuk puncak musim penghujan ditakutkan terjadi peningkatan pasien DBD.

"Karena bulan ini dan Januari tahun depan sudah masuk puncak musim hujan. Kami mengajak semua masyarakat, untuk membersihkan lingkungan yang bisa jadi perindukan sarang nyamuk, mengubur sampah-sampah plastik maupun lainnya yang bisa menampung air," ujarnya.

Ia menghimbau, kalaupun harus menampung air, maka lakukan upaya menutup tempat-tempat penampungan air tersebut.

Selain itu Sandi juga meminta kepada masyarakat guna menghindari gigitan nyamuk untuk gunakan lotion dan mengenakan baju lengan panjang.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Sepanjang 2022, Ada 680 Pasien Demam Berdarah Dengue di Bangka Barat, 10 Orang Meninggal Dunia, https://bangka.tribunnews.com/2022/12/12/sepanjang-2022-ada-680-pasien-demam-berdarah-dengue-di-bangka-barat-10-orang-meninggal-dunia.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm