Ilustrasi parkir mobil di apartemen atau gedung(unsplash/michaelfousert)
Ilustrasi parkir mobil di apartemen atau gedung(unsplash/michaelfousert) ( KOMPAS.COM)

Belajar Parkir bagi Pemula, Pahami Dasarnya biar Lancar

12 Desember 2022 21:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Parkir mobil menjadi hal yang cukup menantang, khususnya bagi pengendara yang baru belajar

Hal tersebut karena pengemudi dituntut benar-benar bisa menempatkan mobil sesuai tata letak parkir.

Walau demikian, memarkirkan mobil sebenarnya bisa gampang dilakukan kalau paham soal tekniknya. Ada beberapa hal penting yang menentukan pengemudi bisa dengan mulus memarkirkan mobil.

Tapi sebagai dasar, baiknya mengerti dulu model-model parkir yang ada, yakni maju, mundur, maupun paralel yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan berbeda.

Seperti disampaikan Sony Susmana Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Menurut dia, teknik aman parkir bertahap bisa dilatih sendiri. 

Pengemudi pemula perlu mencoba mengasah kemampuan, feeling, dan konsentrasi membaca sudut simetris pergerakan mobil, terutama saat di lokasi sempit. 

"Feeling nomor satu, begitu kita sudah menguasai blindspot mobil di mana saja, parkir model apapun jadi mudah," ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (11/12/2022).

"Melatih kemampuan otak tersebut, bisa dibilang kebiasaan, atau jam terbang. Alat bantu seperti kamera dan sensor parkir juga dimanfaatkan saat konsentrasi pengemudi terpecah di tempat parkir," lanjurnya.

Adaptasi awal jika awam dan tak memiliki pengalaman membutuhkan waktu setidaknya dua kali latihan. Sony menjelaskan, menu latihan dasar hari pertama bisa dilakukan dengan pendampingan instruktur. 

Titik-titik blindspot bagian depan, samping, dan belakang dipahami terlebih dahulu. Point of reference wajib dikuasai.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm