SonoraBangka.id - Sebagaimana kita ketahui, berbagai tren di media sosial datang sepanjang 2022 ini.
Mulai dari jenis konten hingga fitur, banyak yang hadir sepanjang 2022.
Baru-baru ini, media sosial Instagram merilis Laporan “Yang dicintai Gen Z Indonesia di Instagram” untuk pertama kalinya yang membeberkan tren sepanjang 2022.
Melalui laporan ini, Instagram menyoroti hal-hal yang paling diminati Gen Z tahun ini, serta tren dan topik yang mereka ikuti di Instagram.
Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta Indonesia dan Asia Tenggara, mengatakan 3,2 miliar atau 41% dari populasi dunia adalah Gen Z. Hal ini menjadikan mereka generasi yang sangat penting bagi industri digital.
Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer.
"Kami menjabarkan deretan fitur, musik, dan tagar yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini, dan merangkum karakterisasi unik yang akan membedakan mereka dengan generasi sebelumnya," ujar Revie dalam keterangan pers tertulis yang diterima PARAPUAN.
Merujuk kepada data internal Instagram dan bekerja sama dengan perusahaan survei konsumen Populix, berikut adalah tren dan karakteristik unik gen Z di Instagram sepanjang tahun 2022.
1. Koneksi dan Hiburan
Gen Z menyatukan hubungan dan hiburan di satu tempat. Menurut survei yang dilakukan Populix kepada 2.000 Gen Z dari seluruh Indonesia, 73% dari mereka menyukai konten video yang dikonsumsi melalui Reels, diikuti dengan Instagram Story.
Kedua fitur ini menjadi platform bagi Gen Z di Indonesia untuk menonton konten yang menghibur sembari terus terhubung dengan orang lain melalui percakapan di DM dan kolom komentar.
Alasan yang sama juga menjadikan fitur Stiker Add Yours sebagai salah satu fitur terfavorit Gen Z di Reels dan Stories.
Sebanyak 3 stiker yakni “Dump Bulanan”, “Apapun Ketika Kamu Mahasiswa” dan “Foto Selfie atau Screenshot di Galeri Foto” menjadi yang paling banyak digunakan Gen Z di sepanjang tahun 2022.
Masih terkait dengan koneksi dan hiburan, Gen Z lebih memilih untuk mengikuti kreator sebagai sumber inspirasi mereka, dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Komedi, fesyen, makanan, dan gaya hidup sehat menjadi empat topik yang paling dicari dan diikuti Gen Z melalui kreator, seperti @karmalogy yang mendapat lebih dari 57M views dari konten jenaka di Reels, dan @cindypriscilla lewat konten fesyen. 1 dari 5 Gen Z* memilih tagar #TawadiReels untuk menemukan konten komedi favorit mereka.
Konten dari @devinahermawan menjadi favorit Gen Z terkait makanan karena citarasa lokal yang mudah diikuti oleh anak kos dan kuliahan.
Di kategori gaya hidup sehat, @dionharyadi menginspirasi lewat resep clean-eating yang praktis dan mudah dimengerti.
2. Aksi Sosial
Isu sosial menjadi salah satu topik yang paling diminati Gen Z di Instagram sepanjang 2022.
Adapun Lima topik yang paling banyak diikuti adalah Lingkungan & Sustainability, Otentik & Menjadi Diri Sendiri, Pemberdayaan Perempuan, Komunitas, dan Kesehatan Mental.
Konten viral terkait topik ini datang dari penyanyi Yura Yunita dan aktor Umay Shahab.
Lewat akunnya, mereka mengajak untuk tidak takut tampil “apa adanya”.
Selain itu, ada juga @kalis.mardiasih yang memberikan edukasi perihal KDRT dan kesetaraan gender; @dikta yang mendonasikan rambut panjangnya untuk penderita kanker.
Kedua artis perempuan, yakni Pevita Pearce dan Marshanda juga masuk dalam konten populer, Kawan Puan.
Aktris dengan akun @pevitapearce mendorong perempuan untuk tidak malu dengan “otot” mereka. Sementara akun @marshanda99 yang bercerita soal kondisi bipolar disorder yang dialaminya.
Untuk isu lingkungan, @andrewkalaweit menjadi kreator yang diikuti Gen Z dengan konten cinta bumi yang ia ambil dari cagar alam Pararawen, Barito Utara, Kalimantan Tengah.
3. Personalisasi Identitas Digital
Identitas digital menjadi salah satu tren yang datang dari Gen Z di Instagram. Penggunaan fitur Avatar terus meningkat di kalangan Gen Z di Instagram.
Dalam hal ini, Thumb Up, Blowing Kiss dan Winky menjadi tiga Avatar yang paling sering mereka bagikan di Instagram.
Tren Kreator Virtual juga terus merambah di Asia, termasuk Indonesia.
Diantaranya kreator @lav_caca menghibur pengikutnya dengan konten nyanyian dangdut dan @thalasya_, yang memanggil dirinya sebagai Metahuman Indonesia pertama, yang menggunakan Instagram untuk berbagi kisah kehidupan sehari-harinya.
Nah, sudah tahu ya sederetan tren Instagram sepanjang 2022.
Artikel ini telah terbit di https://www.parapuan.co/read/533611777/berbagai-tren-instagram-sepanjang-2022-yang-diminati-gen-z-apa-saja?page=all