Ilustrasi cumi goreng.
Ilustrasi cumi goreng. ( DOK.SHUTTERSTOCK/gowithstock)

Empuk Dan Tanpa Tepung, Berikut Ini Cara Membuat Cumi Goreng

13 Desember 2022 21:41 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu jenis seafood yang satu ini, bisa kamu olah dengan cara digoreng tanpa tepung. Caranya, goreng secara utuh bersama bumbu agar lebih meresap.  Bahan untuk bumbu cumi goreng yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Selengkapnya, simak cara membuat cumi goreng tidak alot dari buku "Menu Sehari-hari Set Menu Lauk Ikan" (2020) oleh Dewi Untari terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep cumi goreng tanpa tepung 

Bahan 

500 gram cumi segar, ukuran kecil dan masih bertinta. Buang tulang beningnya dan iris tipis

1 sdm air asam jawa 

Minyak goreng 

Bumbu halus

8 buah bawang merah 

4 siung bawang putih 

2 sdt garam 

1 sdt merica bubuk 

Cara membuat cumi goreng tanpa tepung

1. Aduk cumi, air asam jawa, bumbu halus, dan remas-remas. Diamkan selama 10 menit supaya bumbu meresap. Panaskan minyak, goreng cumi dan bumbu hingga 3/4 kering.

Angkat dan tiriskan cumi goreng dan bumbu. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Cumi Goreng Tanpa Tepung, Empuk dan Bumbunya Meresap Sempurna", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/08/120700275/resep-cumi-goreng-tanpa-tepung-empuk-dan-bumbunya-meresap-sempurna.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm