Busi KW dan asli dibedakan dari pangkal businya, terdapat bekas cetakan yang lebih tegas untuk busi KW sementara yang asli lebih lembut seperti rata.(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Busi KW dan asli dibedakan dari pangkal businya, terdapat bekas cetakan yang lebih tegas untuk busi KW sementara yang asli lebih lembut seperti rata.(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( kompas.com)

Bagaimana Cara Membedakan Busi Iridium KW dengan Ori?

16 Desember 2022 22:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Busi iridium banyak digunakan oleh mobil-mobil modern karena usianya jauh lebih awet daripada busi standar yang terbuat dari nikel. Selain lebih panjang usia pemakaiannya, busi dengan material iridium terbukti lebih bagus dalam memercikkan bunga api.

Dengan kualitas pengapian yang lebih bagus ini, maka banyak pihak mengganti busi standar dengan busi iridium. Baik dari bawaan pabrik, atau pun mobil-mobil bensin umum lainnya bisa memakai busi iridium.

Hal itu membuat busi iridium banyak dijual di pasaran. Hanya saja masyarakat sering terkecoh dengan busi iridium KW, karena komponen mobil ini dibanderol dengan harga yang lebih murah. Padahal, kualitas busi KW dan ori tentu tidak sama. Lantas, bagaimana cara membedakannya?

Service Advisor Aha Motor Fahrudin mengatakan busi iridium dengan merek yang sama serta kode busi yang sama seharusnya memiliki kualitas dan bentuk fisik yang sama, namun busi iridium KW bisa dibedakan kalau dilihat secara seksama.

“Keduanya sama-sama memiliki ujung elektroda lancip menyerupai jarum, namun bentuk elektrodanya berbeda, bila dibandingkan, busi NGK iridium untuk Nissan Grand Livina asli bentuk ujung elektrodanya yang terbuat dari logam ada gundukan sebelum lancip seperti jarum,” ucap Fahrudin kepada Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Dia mengatakan bentuk gundukan dari keramiknya juga berbeda antara busi yang asli dan KW.

“Busi iridium yang asli memiliki ujung elektroda dari keramik lebih panjang, sementara busi KW nya lebih pendek, padahal kode busi yang tertera sama,” ucap Fahrudin.

Dia mengatakan perbedaan kedua busi juga bisa dilihat di pangkal busi yang terbuat dari material logam.

“Pada pangkal busi terdapat bekas cetakan, nah pada busi NGK iridium KW bekas cetakannya terlihat lebih jelas dan lekukannya kasar, sedangkan yang asli lebih halus bahkan sekilas seperti rata,” ucap Fahrudin.

Selain dari bentuk fisiknya, yang membedakan busi KW dan asli adalah kualitas dan harga.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm