Ilustrasi servis di bengkel resmi Mitsubishi(Dok. MMKSI)
Ilustrasi servis di bengkel resmi Mitsubishi(Dok. MMKSI) ( KOMPAS.COM)

Lakukan Ini jika Kompresi Mesin Mobil yang Mulai Loyo

17 Desember 2022 20:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Kegiatan Perawatan mobil dilakukan rutin untuk menjaga performa tetap prima. Jika tidak, akan terjadi penurunan tenaga yang membuat banyak kerugian.

Penggunaan mobil harian, terutama dengan mobilitas tinggi di perkotaan menyebabkan keausan komponen-komponen utama mesin karena kualitas oli yang menurun. 

Masalah umum yang kerap kali dikeluhkan adalah kompresi mesin yang loyo, hal tersebut biasanya dirasakan dari gejala ngelitik.

Kalau dibiarkan begitu saja, kemungkinan besar akan memperparah kondisi penggunaan bahan bakar minyak (BBM). 

Kerusakan tersebut biasanya terlambat ditangani dikarenakan gejala-gejala yang sulit terbaca pengguna pribadi. 

Lantas, bagaimana untuk menangani?

Menanggapi hal itu, Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang Teguh Dwi Harianto mengatakan, perawatan wajib terjadwal di bengkel resmi dilakukan untuk mengembalikan kompresi ruang bakar yang bermasalah. 

"Treatment khusus standar servis berkala ada namanya gurah mesin (carbon cleaner). Mesin dibersihkan menggunakan cairan khusus yang mengndung zat aditif deterjen. Sesuai jadwal 5.000 kilometer (km), kerak karbon menumpuk akibat kualitas BBM rendah," ucap Teguh kepada Kompas.com, Sabtu (16/12/2022). 

Cairan pembersih karbon di masukkan ke dalam lubang busi untuk mengembalikan kompresi ruang bakar seperti semula. Kompresi mesin yang normal bisa dilihat dari kondisi lubang knalpot setelah dinyalakan.

Belum usai, perawatan untuk mengembalikan kompresi yang hilang kemudian masuk sesi italian tune up kecepatan tertentu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm