Bupati Bangka, Mulkan Tinjau
Bupati Bangka, Mulkan Tinjau ( Bangkapos.com)

Pemkab Bangka Bangun Tempat Wisata Kuliner Exotic Matras Senilai Rp3,1 Miliar

20 Desember 2022 08:25 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah Kabupaten  melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan membangun tempat wisata kuliner yang dinamakan Exotic Matras di kawasan Pantai Matras Sungailiat yang akan diresmikan awal Tahun 2023 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wiramadonnah mengatakan pembangunan fasilitas Exotic Matras ini masuk dalam program peningkatan daya tarik wisata.

"Kita mengusulkan lewat DAK Fisik  Tahun 2022 senilai Rp3,1 miliar   terdiri dari beberapa paket kegiatan, seperti 10 unit rumah dilengkapi saung, halaman parkir, toilet, mushola dan lainnya," kata Wira, sapaan akrabnya, Selasa (13/12/2022)

 Tempat wisata kuliner ini selanjutnya akan dikerjasamakan dengan kelompok sadar wisata ataupun kelompok usaha lainnya yang mampu untuk mengelola tempat ini.

"Lokasi ini milik aset Pemkab Bangka,  memang banyak masyarakat yang bertanya mengapa dibangun di sini, bukan dibangun di tepi atau di pinggir  Pantai Matras. Alasannya kalau di pinggir Pantai Matras itu tidak boleh dibangun bangunan permanen, sehingga untuk kawasan APL-nya yang masih ada di lokasi ini," ujarnya.

Untuk Tahun 2024, Pemkab Bangka melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga mengusulkan untuk dibangun di kawasan Pantai Rebo Sungailiat.

Sementara itu Bupati Bangka Mulkan mengatakan pembangunan tempat wisata kuliner Exotic Matras ini dilakukan untuk membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Bangka yang kesulitan untuk menjual produk makanan dan minuman yang diproduksinya. 

"Pemerintah pusat atas usulan Pemkab Bangka sangat mendukung dan mensupport sekali berdirinya tempat wisata kuliner ini, sebagai bentuk fasilitas untuk mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Bangka," kata Mulkan.

Lokasi tempat wisata memang sangat perlu ditunjang dengan adanya lokasi kuliner yang tersentralisasi di tempat ini. 

"Tempat ini rencananya akan diresmikan sekitar bulan Januari 2023 mendatang, semoga ke depan yang menjadi andalan Kabupaten Bangka adakah sektor pariwisata, sehingga saat ini sedikit demi sedikit kita mempersiapkan fasilitas pendukungnya," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pemkab Bangka Bangun Tempat Wisata Kuliner Exotic Matras Rp3,1 Miliar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm