Setelah Elon Musk mengambil alih Twitter, sejumlah pengguna mencari platform media sosial alternatif salah satu yang banyak dituju adalah Mastodon.
Setelah Elon Musk mengambil alih Twitter, sejumlah pengguna mencari platform media sosial alternatif salah satu yang banyak dituju adalah Mastodon. ( GETTY IMAGES via BBC INDONESIA)

Elon Musk Blokir Link dan Akun Mastodon di Twitter

20 Desember 2022 09:08 WIB

SonoraBangka.ID - Elon Musk dilaporkan memblokir tautan (link) menuju ke Mastodon yang ada di Twitter. Mastodon sendiri adalah jejaring sosial terdesentralisasi yang belakangan naik daun karena diserbu sejumlah pengguna yang migrasi dari Twitter.

Menurut laporan outlet media The Verge, ketika pengguna mengunggah twit berisi link ke server Mastodon, Twitter dilaporkan bakal mengidentifikasi link tersebut sebagai "potensi berbahaya".

Twitter saat ini memblokir tautan ke server asli mastodon.social dan lebih dari 10 domain server Mastodon lain yang diuji oleh The Verge.

Server dan domain yang dimaksud di sini adalah host Mastodon. Sebab, Mastodon adalah platform jejaring sosial terdesentralisasi, bukan platform jejaring sosial mandiri macam Twitter, Instagram, dan Facebook.

Mastodon memang dirancang lebih seperti layanan e-mail atau RSS, bukan media sosial pada umumnya.

Contoh nama server lainnya adalah Mstnd.social, Mastodon.Art, Toot.community, Scholar.social, dan lainnya.

Tiap-tiap pengguna bakal memiliki nama akun (username) mirip seperti alamat e-mail. Username bakal menyertakan nama pilihan sekaligus nama server tempat pengguna mendaftar.

Misalnya, username "janedoe@mastodon.social". Ini menandakan bahwa pemilik akun tersebut bernama janedoe, yang mendaftarkan lewat server Mastodon.social.

Menurut laporan The Verge, Twitter memblokir link ke server Mastodon setelah mereka juga memblokir akun pelacak jet Elon Musk dengan handle @ElonJet pada Kamis (15/12/2022). Akun tersebut terkenal karena memberikan informasi soal keberadaan jet pribadi Elon Musk, sang CEO Twitter.

Akun pelacak jet Elon Musk itu diketahui dimiliki oleh Jack Sweeney. Anak muda berusia 20 tahun itu juga kerap melacak perjalanan udara sejumlah publik figur.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm