Penanaman 1000 Pohon Kayu Putih dan Taman Ganesha Jadi Salah Satu Jejak Terbaik Rakernas IA-ITB
Penanaman 1000 Pohon Kayu Putih dan Taman Ganesha Jadi Salah Satu Jejak Terbaik Rakernas IA-ITB ( Kominfo Babel)

Penanaman 1000 Pohon Kayu Putih dan Taman Ganesha Jadi Salah Satu Jejak Terbaik Rakernas IA-ITB

20 Desember 2022 12:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) yang berlangsung selama tiga hari, yakni 16-18 Desember 2022, ditutup dengan aksi penanaman 1000 Pohon Kayu Putih dan Peresmian Taman Ganesha yang bertempat di Lahan Sekitar Terminal VIP Bandara Depati Amir, Minggu (18/12/2022).

Aksi ini mendapat apresiasi dari Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Ridwan Djamaluddin, karena memang sejalan dengan program "Hijau Biru Babelku" yang telah digagasnya.

"Aksi penanaman pohon ini saya apresiasi karena menjadi salah satu fokus saya, yakni
memulihkan kondisi lingkungan pasca tambang, agar kembali hijau di darat, dan tetap biru di laut," jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, dipilihnya lokasi di sekitar bandara karena akan sedap dipandang mata ketika orang-orang mendarat atau datang ke Pulau Bangka ini.

Dalam hal ini, Pj Gubernur Ridwan bersama dengan beberapa dinas terkait telah membicarakan dan menyiapkan pemulihan serta pemanfaatan lahan kritis di Kep. Babel.

"Kita sudah menyiapkan peta, ada 46.000 hektar lahan kritis milik pemerintah provinsi (pemprov), tidak termasuk lahan kritis yang bukan milik pemprov, untuk dimanfaatkan sesuai dengan pemetaan lokasi mana yang cocok untuk budidaya udang vaname, yang cocok untuk bertanam porang, dan lainnya," ujarnya.

Orang nomor satu di Kep. Babel itu juga mengatakan bahwa semua sudah diupayakan, yang mana ini akan memudahkan jika ada yang ingin ikut membantu, seperti misalnya IA-ITB mau menanam apa, atau pihak lainnya mau budidaya apa.

Sementara Ketua IA-ITB Provinsi Kep. Babel Wiyono mengatakan, penanaman pohon juga dibuatnya Taman Ganesha, merupakan salah satu bentuk jejak terbaik IA-ITB yang telah menginjakkan kakinya di Bumi Serumpun Sebalai.

"Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk bahwa IA-ITB telah meninggalkan jejak terbaik di Bangka Belitung," pungkasnya.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm