Ilustrasi papeda dengan ikan kuah kuning.
Ilustrasi papeda dengan ikan kuah kuning. ( Dok. Shutterstock/ Fidia Helianti)

Cocok Buat Perayaan Istimewa, Berikut Cara Membuat Ikan Kuah Kuning

20 Desember 2022 14:51 WIB

SonoraBangka.id - Ikan kuah kuning merupakan makanan khas masyarakat Indonesia Timur seperti daerah Maluku dan Papua. Ikan kuah kuning dahulu adalah makanan para raja-raja di Maluku dan sekarang menjadi hidangan wajib pada hajatan dan perayaan istimewa. Ikan kuah kuning biasanya terbuat dari ikan tongkol, ikan ekor kuning, atau ikan belanak, bisa juga memakai ikan kakap. Ikan kuah kuning mudah untuk dibuat dengan bumbu, yaitu ikan kakap, bawang merah, cabai merah, kunyit bakar, jahe, serai, daun kunyit, daun jeruk, daun bawang, dan daun kemangi. Simak cara membuat ikan kuah kuning khas Indonesia Timur, dikutip dari buku "Koleksi 20 Resep Masakan Ikan" (2012) karya Yasa Boga terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep ikan kuah kuning

Bahan: 1 ekor (700 gram) ikan kakap, potong sesuai selera

5 buah bawang merah, iris tipis

1/2 sdt merica bubuk

3 buah cabai merah, iris kasar

6 cm kunyit, bakar, kupas

1/2 sdm jahe, iris tipis

2 batang serai, dimemarkan

1/2 lembar daun kunyit, disimpulkan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm