Porsche meresmikan fasilitas produksi bahan bakar sintetis alias eFuel(Dok. Porsche AG)
Porsche meresmikan fasilitas produksi bahan bakar sintetis alias eFuel(Dok. Porsche AG) ( KOMPAS.COM)

Menuju Netralitas Karbon, Porsche Mulai Melakukan Produksi Bahan Bakar Sintetis

21 Desember 2022 22:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Untuk menuju netralitas karbon, banyak pabrikan yang mengembangkan mobil listrik. Tapi, ada juga pabrikan lainnya yang mencari bahan bakar alternatif yang tidak menghasilkan emisi.

Toyota dan BMW diketahui sedang mengembangkan mesin berbahan bakar hidrogen. Tapi, Porsche memilih untuk mengambil jalan yang berbeda, yakni bahan bakar sintetis alias eFuel.

Dikutip dari Carscoops.com, Rabu (21/12/2022), Porsche sudah memulai produksi bahan bakar sintetis di Punta Arenas, Chili. Sebagai seremoni pembukaan fasilitas tersebut, Porsche mengisi 911 miliknya dengan bahan bakar sintetis tersebut.

Fasilitas ini diperkirakan bisa menghasilkan hingga 130.000 liter eFuel per tahun. Bahan bakar ini akan digunakan untuk proyek Porsche Mobil 1 Supercup, begitu pula di Porsche Experience Centers.

Kalau proyek pertama ini berjalan lancar, Porsche akan melakukan ekspansi hingga memproduksi 55 juta liter per tahun pada tahun kelima. Fasilitas tersebut juga akan dimaksimalkan hingga bisa memproduksi 550 juta liter eFuel per tahunnya.

Michael Steiner, Executive Board for Development and Research at Porsche AG, mengatakan, eFuel memiliki potensi yang sangat besar.

"Sekarang ini ada lebih dari 1,3 miliar kendaraan dengan mesin pembakaran internal di seluruh dunia. Banyak dari mobil tersebut yang akan berada di jalan hingga beberapa dekade ke depan, dan eFuel menawarkan para pemilik mobil ini dengan alternatif bahan bakar yang hampir netral karbon," ujar Steiner.

Bahan bakar sintetis yang dikembangkan oleh Porsche dibuat dari air dan karbon dioksida menggunakan energi angin. Sehingga, itu menjadi alasan mengapa fasilitas tersebut dibangun di Punta Arenas.

Daerah tersebut sangat berangin, dengan angin dapat berhembus hingga 270 hari dalam setahun. Sehingga, dapat menggerakkan turbin angin dalam kapasitas penuh. Selain itu, lokasinya juga berada dekat Selat Magellan, memudahkan kapal untuk mengirim bahan bakar ke belahan dunia lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menuju Netralitas Karbon, Porsche Mulai Produksi Bahan Bakar Sintetis", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/21/170200515/menuju-netralitas-karbon-porsche-mulai-produksi-bahan-bakar-sintetis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm