Ilustrasi timus goreng dengan enam bahan.
Ilustrasi timus goreng dengan enam bahan. ( DOK.SHUTTERSTOCK/ZahyMaulana)

Cocok Buat Teman Kopi, Berikut Cara Mmebuat Timus 6 Bahan

24 Desember 2022 14:32 WIB

SonoraBangka.id - Timus merupakan jajanan tradisional yang dibuat dari ubi dan biasa dimasak dengan dua cara. Digoreng atau dikukus.  Selain ubi, ada juga yang mengkreasikan timus dengan menggunakan singkong. Pada resep timus ubi yang satu ini bahannya hanya enam saja.  Bahan-bahan membuat timus goreng ini bisa kamu ikuti dalam buku "101 Resep Jajan Pasar Tradisional yang Istimewa" (2020) oleh Rika Kusumawati & Winkanda Satria Putra penerbit Andi Publisher. 

Resep timus 6 bahan 

Bahan 

500 gram ubi jalar 

60 gram tepung pati 

100 gram gula pasir

1 butir telur

Garam dan vanili secukupnya

Cara membuat timus 6 bahan 

1. Cuci ubi jalar, kemudian kukus hingga matang dan empuk. Kupas kulit ubi jalar yang telah dikukus, haluskan. Campurkan semua bahan, uleni hingga benar-benar merata. Bentuk adonan menjadi lonjong, goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan selagi masih hangat. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Timus 6 Bahan, Jajanan Tradisional untuk Teman Minum Kopi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/24/090700275/resep-timus-6-bahan-jajanan-tradisional-untuk-teman-minum-kopi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm