Aki mobil tipe MF(Kompas.com)
Aki mobil tipe MF(Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Mobil Ditinggal Liburan Berhari-hari, Apakah aki perlu dicabut?

27 Desember 2022 20:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Waktu Libur Natal dan Tahun Baru 2023 jadi berharga kalau digunakan untuk berwisata bersama keluarga. 

Bepergian ke luar kota berhari-hari memang begitu menyenangkan. Tapi, selain lingkungan rumah yang wajib aman, kondisi mobil yang parkir di garasi pun perlu diperhatikan. 

Tujuannya adalah menghindari risiko aki tekor akibat mobil yang ditinggalkan berlibur.

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, aki perlu dicabut, termasuk untuk mencegah hal yang tak di inginkan. 

"Aki tekor bukan masalah satu-satunya. Mobil dibiarkan 3 hari saja, arus aki sudah turun. Tapi, risiko korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran, lebih berbahaya," ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022). 

Mobil yang diam dan tak digunakan berhari-hari bukan berarti sepenuhnya kelistrikan berhenti total. Mesin mobil mati, akan tetapi komponen-komponen utama tetap membutuhkan arus cadangan.

Saat mesin dihidupkan kembali sistem akan normal sendirinya. Aki akan penuh secara otomatis karena dinamo mengalirkan arus sebagai pengganti, hasilnya seimbang antara kebutuhan beban listrik dan pengisian. 

Menurut Bambang, akibat kondisi mesin mati yang terlalu lama, kemungkinan aki tekor jadi berkali-kali lipat lebih besar. 

"Aki sehat jika mesin mati berhari-hari atau seminggu, arus terbuang untuk kebutuhan komponen-komponen, bisa 15 persen. Jadi, kalau dicabut nanti tak ada beban, arus tetap tersimpan di dalam aki," kata dia. 

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang Teguh Dwi Harianto mengatakan, teknologi kelistrikan mobil yang canggih, risiko aki tekor juga meningkat berkali-kali lebih besar.

Tapi, cabut aki pun ada risiko yang perlu dipertimbangkan matang-matang. Pasalnya, bisa aja keptusan mencabut aki justru akan menimbulkan masalah baru.

"ECU reset otomatis, kan settingan central lock, audio, dan MID jadi kembali ke semula. Ribet juga nanti, ubah tampilan di head unit dan sebagainya," kata Teguh. 

"Tapi untuk keamanan dan mobil ditinggalkan di rumah yang kosong tetap aman kalau dicabut saja akinya. Aki tekor sih masalah kesekian, yang bahaya itu kalau ada pencuri atau kebakaran. Cabut aki, immobilizer sistem seluruhnya terputus. Korsleting juga mustahil karena elektrikal off semua," ucap Teguh, melanjutkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Ditinggal Liburan Berhari-hari, Apakah Perlu Cabut Aki?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/27/092200515/mobil-ditinggal-liburan-berhari-hari-apakah-perlu-cabut-aki-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm