Anjungan pengeboran minyak Rusia di Laut Baltik.
Anjungan pengeboran minyak Rusia di Laut Baltik. ( KOMPAS.com)

Rusia Bakal Larang Ekspor Minyak Ke Negara G7, Ini Dampaknya ke RI

29 Desember 2022 19:24 WIB

SonoraBangka.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin berencana untuk untuk melarang ekspor minyak mentah ke negara G-7 mulai 1 Februari 2023. Hal ini merespon upaya G7 untuk membatasi harga jual minyak Rusia.

Berdasarkan data Eurostat per kuartal ke III 2022, Uni Eropa mengimpor minyak paling besar dari Rusia sebesar 14,4 persen, disusul AS 11,9 persen, Norwegia 10,4 persen, Saudi Arabia 9,1 persen, Iraq 7,6 persen, dan Kazakhstan 6,8 persen.

Menurut Direktur Celios Bhima Yudhistira, porsi impor minyak dari Rusia sudah menyusut jauh dari 2021 sebesar 24,8 persen menjadi 14,4 persen. Tetapi keputusan Rusia melarang ekspor minyak akan membuat Eropa kehilangan 14,4 persen, dan itu jumlah yang signifikan untuk membuat Eropa krisis energi di musim dingin.

“Indonesia harus bersiap hadapi fluktuasi harga minyak mentah, yang sebelumnya diperkirakan mulai rendah bisa berbalik arah meningkat awal tahun depan. Sentimen di pasar komoditas masih diliputi kecemasan soal kontraksi ekonomi yang membuat proyeksi permintaan turun, tapi hambatan dari sisi pasokan akibat perang Ukraina cukup serius,” kata Bhima, Kamis (29/12/2022).

Bhima mengatakan, kondisi ekonomi global tahun depan mengakibatkan harga minyak mentah akan berada dikisaran 85-90 dollar AS per barrel.

Dia menilai kondisi ini berdampak pada subsidi BBM yang tidak pasti, meski alokasinya cukup besar di APBN 2023.

“Kita harus mempersiapkan diri menghadapi roller coaster harga komoditas terburuk sepanjang sejarah pada tahun depan,” jelas dia.

Ekonomi Eropa diperkirakan memburuk

Bhima mengungkapkan, dari pembatasan ekspor minyak Rusia tersebut, China dan India akan diuntungkan. Karena, kedua negara ini diperkirakan akan siap menampung minyak murah dari Rusia. Apalagi China tengah membuka aktivitas ekonomi paska pelonggaran pandemi Covid-19.

Sementara itu, dampak ke negara Eropa akan terjadi inflasi yang lebih tinggi dan berdampak ke krisis biaya hidup yang memburuk. Saat ini banyak pabrik diminta mengurangi kapasitas penggunaan energi, yang berarti pabrik melakukan efisiensi termasuk pengurangan karyawan.

“Harga BBM yang naik akan memukul berbagai sektor di Eropa, kemungkinan lebih buruk dari depresi besar 1930,” tegasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusia Bakal Larang Ekspor Minyak Ke Negara G7, Ini Dampaknya ke RI", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/12/29/093000626/rusia-bakal-larang-ekspor-

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm