Festival Kembang Api Noryo Tamana
Festival Kembang Api Noryo Tamana ( )

Jadi Penanda Perayaan di Seluruh Dunia, Mau Tahu Sejarah Kembang Api?

31 Desember 2022 13:36 WIB

SonoraBangka.id - Pada umumnya kembang api selalu menjadi puncak dari kemeriahan sebuah perayaan.

Seperti perayaan malam pergantian tahun atau Tahun Baru yang sebentar lagi akan dirayakan penduduk Bumi.

Sejarah perkembangan kembang api pun kini semakin pesat, tak hanya sekadar letupan sederhana, tetapi juga bisa membuat bentuk, warna, hingga suara yang tentu saja menambah semarak suasana.

Namun sebelum dikenal dan digunakan seperti sekarang ini, kembang api memiliki sejarah yang panjang.

Sebagian besar sejarawan berpendapat bahwa sejarah kembang api ditemukan di China, meski beberapa orang juga berpendapat bahwa asal mula kembang api diyakini berasal dari Timur Tengah atau India.

Dikutip dari Live Science, Selasa (27/12/2022), pada sekitar tahun 800 M, alkemis dari China mencampur senyawa belerang, arang dan menciptakan bubuk mesiu mentah.

Akan tetapi, apa yang dilakukan itu bukan tujuan mereka. Para alkemis ini sebenarnya sedang mencari cara untuk kehidupan abadi, tetapi apa yang mereka ciptakan tetap mengubah dunia.

Begitu mereka menyadari apa yang dibuat itu, orang China pun percaya bahwa ledakan, yang kemudian menjadi cikal bakal kembang api tersebut, akan menjauhkan roh jahat.

Sejarah pembuatan kembang api

Untuk membuat beberapa kembang api pertama, mereka akan mengemas bubuk mesiu baru ke dalam bambu dan melemparkannya ke dalam api yang kemudian menciptakan ledakan keras.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm