Ilustrasi Bulan menjauh dari Bumi.
Ilustrasi Bulan menjauh dari Bumi. ( KOMPAS.com)

Petinggi NASA Khawatir Bulan Akan Dikuasai China

4 Januari 2023 09:03 WIB

SonoraBangka.ID -  Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) khawatir terhadap kemungkinan Bulan akan dikuasai oleh China.

Kekhawatiran tersebut disampaikan oleh administrator NASA, Bill Nelson, sembari mengatakan China bisa mengklaim Bulan sebagai teritorialnya.

"Itu adalah fakta. Kita sedang dalam perlombaan luar angkasa," kata Nelson dikutip dari New York Post, Selasa (3/1/2023).

Ia mengatakan, China bisa menguasai Bulan apabila AS kalah dalam space race atau persaingan luar angkasa.

Jika hal tersebut sampai terjadi, daerah yang mengandung banyak sumber daya di Bulan kemungkinan dapat ditutup oleh China.

"Dan memang benar bahwa kita sebaiknya berhati-hati agar mereka tidak sampai ke suatu tempat di Bulan dengan kedok penelitian ilmiah," ujarnya.

"Dan bukannya di luar kemungkinan mereka berkata, 'Jangan keluar, kami di sini, ini wilayah kami'," tambah Nelson.

 

Persaingan dapat memanas

Nelson yang berstatus sebagai senator Florida dan mantan astronot juga menyampaikan potensi persaingan luar angkasa AS-China memanas. Ia menyampaikan, persaingan kedua negara di luar angkasa dapat meningkat dalam dua tahun ke depan.

Ia menyampaikan, persaingan kedua negara di luar angkasa dapat meningkat dalam dua tahun ke depan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm