Busi NGK(NGK)
Busi NGK(NGK) ( KOMPAS.COM)

Mesin Standar, Jangan Gaya-gayaan Menggunakan Busi Racing

7 Januari 2023 22:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Hingga saat ini, salah kaprah soal penggunaan busi racing atau balap, untuk mendongkrak tenaga mesin standar masih banyak terjadi.

Kondisi tersebut tak lain karena minimnya informasi. Padahal, pakai busi racing untuk harian pada mesin standar justru banyak ruginya.

Technical Support NGK Busi Indonesia Diko Otaviano mengatakan, busi racing untuk kendaraan dengan mesin standar tak akan memberikan dampak apa-apa, apalagi dari sisi performa.

"Busi racing untuk mesin yang sudah dimodifikasi dengan kompresi tinggi atau di atas (versi) pabrikan, jadi tidak berdampak untuk yang masih standar, malah bikin masalah," ucap Diko kepada Kompas.com, belum lama ini.

Diko menjelaskan, efek dari penggunaan busi balap pada mesin standar akan membuat kendaraan tak nyaman digunakan.

Hal tersebut tak lain kerena adanya ketimpangan pada sistem pebakaran, alias tak berjalan normal.

Selain itu, konsumsi bahan bakar juga akan lebih boros. Mirisnya lagi, tanpa ada peningkatan pada sektor performa mesin.

"Karena tidak stabil, tarikan mesin juga tidak beres. Suplai bensin pada pembakaran bertambah tapi tenaga malah drop. Busi bahkan mesin juga bisa overheat," ujar Diko.

Lebih lanjut, Diko menyarankan tak perlu menggunakan busi racing untuk sepeda motor atau mobil yang mesinnya masih standar, karena justru akan merugikan.

"Sudah beli harga mahal, tapi performa tidak berpengaruh. Bensin juga jadi lebih boros, ujungnya jadi rugi sendiri," kata Diko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mesin Standar, Jangan Gaya-gayaan Pakai Busi Racing ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/07/122200315/mesin-standar-jangan-gaya-gayaan-pakai-busi-racing-.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm