Perawatan CVT pada motor matik(Kompas.com )
Perawatan CVT pada motor matik(Kompas.com ) ( KOMPAS.COM)

Apakah Aman Membersihkan CVT Motor Matik dengan Menggunakan Bensin?

10 Januari 2023 21:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktivitas Merawat motor matik dengan CVT bisa dibilang cukup gampang. Komponen yang ada di dalam CVT cukup dibersihkan dari debu secara rutin, bila ada yang aus, maka bisa segera diganti.

Membersihkan CVT bisa dilakukan dengan menggunakan udara bertekanan (kompresor) atau dengan bensin. Kalau sudah dibersihkan, maka komponen CVT bisa dipasang kembali dan ditutup.

Sebenarnya, ada cairan yang lebih proper sesuai dengan tugasnya yakni part cleaner. Namun, apakah membersihkan komponen yang ada di dalam CVT aman dilakukan dengan bensin?

Gofur, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, bensin bisa digunakan sebagai alternatif cairan untuk membersihkan CVT. Selain itu, harganya juga lebih murah dari part cleaner.

"Idealnya memang pakai part cleaner agar tidak buang-buang bensin," ucap Gofur kepada Kompas.com, Senin (9/1/2023).

Bensin bisa membersihkan berbagai komponen kecuali satu, yakni kampas ganda. Bahan kampas ganda jangan sampai terkontaminasi cairan, apalagi bensin.

"Kampas ganda harusnya kering, kalau kena bensin, terkontaminasi minyak bisa menimbulkan selip pada saat besentuhan dengan rumah kopling atau saat bekerja," ucap Gofur.

Bila terkena bensin, maka kampas ganda sebaiknya diganti dengan yang baru. Untuk kampas ganda, proses membersihkannya cukup dengan diamplas atau memakai sikat kawat.

"Untuk seal yang terbuat dari karet, aman saja selama tidak direndam pakai bensin," kata Gofur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Aman Membersihkan CVT Motor Matik dengan Bensin?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/10/112200815/apakah-aman-membersihkan-cvt-motor-matik-dengan-bensin-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm