ilustrasi pertalite.(KOMPAS.com/STANLY RAVEL)
ilustrasi pertalite.(KOMPAS.com/STANLY RAVEL) ( KOMPAS.COM)

Belum Revisi, Kuota Pertalite Tahun Ini Mengalami Peningkatan Dibanding 2022

11 Januari 2023 20:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), telah menetapkan kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) 2023 untuk Pertalite yang merupakan Jenis Bahan Bakar Penugasan (JBKP) sebanyak 32,56 juta kiloliter (KL).

Sedangkan Solar yang merupakan Jenis Bahan Bakar Tertentu (JBT), kuota untuk tahun ini sebesar 17 juta KL.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan, kuota yang disediakan tahun ini untuk kategori JBKP mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

"JBKP kuotanya mengalami peningkatan kurang lebih 2,6 juta KL. Hal ini didasari tren konsumsi bulanan BBM Tahun 2022 yang sudah mendekati normal setelah mengalami penurunan saat pandemi," ucap Erika, disitat dari situs resmi Kementerian ESDM, Selasa (10/1/2023).

Erika mengatakan, perhitungan kuota masih mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014, yang belum ditetapkan soal rincian konsumen pengguna dan titik serah untuk Pertalite.

BPH Migas juga masih dalam tahap pengusulan revisi Perpres bersama para pemangku kepentingan. Tujuannya supaya Pertalite dan Solar bisa disitribusikan tepat sasaran.

Peningkatan pengendalian penyaluran juga dilakukan dengan pemanfaatan teknologi informasi. Seperti pendaftaran konsumen pengguna di situs resmi subsidi tepat atau melalui aplikasi MyPertamina.

"Hal ini sesuai ketentuan dalam perpres 191/2014 bahwa pendistribusian JBT dan JBKP dilakukan secara tertutup. Nantinya hanya konsumen yang terdaftar yang dapat dilayani untuk memperoleh JBT dan JBKP," kata Erika.

Sebagaimana diketahui, untuk pembelian Solar Pertamina sudah melakukan uji coba pembatasan dengan cara menerapkan sistem QR Code bagi yang sudah mendaftar pada beberapa wilayah Indonesia.

Kalau ada masyarakat yang membeli tanpa QR Code, maka akan dibatasi dengan jumlah maksimal cuma 20 liter per harinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belum Revisi, Kuota Pertalite Tahun Ini Naik Dibanding 2022", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/11/110200715/belum-revisi-kuota-pertalite-tahun-ini-naik-dibanding-2022.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm