Ilustrasi tangyuan.
Ilustrasi tangyuan. ( Dok. Shutterstock/Romix Image)

Cara Membuat Tangyuan, Camilan Berumur Ratusan Tahun Asal China

18 Januari 2023 21:46 WIB

SonoraBangka.id - Tangyuan, sajian asli Chinayang sudah berumur ratusan tahun dan tetap bertahan saat ini. Hidangan ini merupakan makanan yang wajib disantap saat Cap Go Meh atau Festival Lampion di China.  Wedang ronde adalah sajian resapan dari tangyuan yang asli dari China. Baca juga: Filosofi Tangyuan yang Mirip Wedang Ronde, Disantap Saat Cap Go Meh Tangyuan memiliki tekstur dan bentuk yang menyerupai wedang ronde. Namun, rasanya manis dan gurih. Berbeda dengan wedang ronde yang memiliki rasa pedas dari jahe. Resep tangyuan di bawah ini dijabarkan oleh, Meliana Christanty Kalimantan Culinary Aficionado, Chef Instructor, Borneo Culinary Tour Guide. “Tangyuan di daerah asal biasanya tidak ada isian. Ada tradisi keluarga peranakan yang memakan jumlah tangyuan sesuai jumlah usia masing-masing,” jelas Chef Meliana kepada Kompas.com, Rabu (3/2/2021). Ia menjelaskan di Indonesia, tangyuan dimodifikasi menjadi ada isian yaitu gula merah dan kacang goreng tumbuk dan disebut wedang ronde.   

Resep tangyuan

Bahan adonan :

150 gr tepung beras ketan

20 gr tepung beras putih

200 ml air (bisa disesuaikan)

Pewarna makanan Air jahe:

600 ml air

100 gr jahe, kupas kulitnya

3 lembar daun pandan, ikat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm