Ilustrasi anak minum kopi
Ilustrasi anak minum kopi ( Dimedrol68)

Viral Bayi Diberi Kopi Susu, Apa Bahaya Memberikan Kafein pada Balita?

24 Januari 2023 09:45 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini sedang jadi perbincangan hangat di Twitter terkait dengan  kasus bayi yang diberi kopi instan oleh sang ibu.

Pengguna Twitter dengan akun Rizal do, @afrkml membagikan tautan video mengenai seorang ibu yang memberikan minum kopi susu instan pada bayinya.

"Susu kental manis itu bukan susu!' Ya iyasih bener, tapi bukan berarti bayi boleh dikasih kopi-susu mentang2 ada susunya ???? Sebaiknya para orang tua ini harus banyak belajar dari yg ngerti daripada sok tau sehingga berisiko membahayakan anaknya sendiri ????" kata Rizal do.

Ia menegaskan bahwa kafein dalam bentuk apapun, termasuk teh maupun kopi dilarang diberikan ke bayi untuk alasan apapun.

"Meski alesannya biar ga kejang atau mengatasi kejang biar berhenti, semua itu mitos dan ga bener! Bisa palpitasi atuh bayinya dikasih kopi," pungkas Rizal do.

Dilansir dari Mom Junction, bayi tidak boleh mengonsumsi minuman berkafein, jadi kopi pun sebaiknya tak diberikan ke anak.

Di mana American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa anak-anak tidak boleh minum minuman berkafein hingga usia lima tahun.

Bahkan biasanya disarankan untuk tidak menawarkan kopi setidaknya sampai anak berusia remaja.

Para orang tua hendaknya paham bahwa kopi tidak memberikan nutrisi apapun pada bayi dan balita.

Selain itu, efek kafein dampaknya lebih terlihat pada anak-anak, dibanding orang dewasa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm