Ilustrasi samosa isi sayuran untuk camilan atau ide jualan
Ilustrasi samosa isi sayuran untuk camilan atau ide jualan ( SHUTTERSTOCK/ETORRES)

Sajikan Dengan Saus Sambal, Berikut Cara Membuat Samosa Sayuran

25 Januari 2023 14:46 WIB

SonoraBangka.id -  Samosa adalah camilan khas India yang berbentuk segitiga dari bahan kulit pangsit, berisi kentang, bawang bombai, wortel, kacang kapri dan berbumbu rempah. Samosa juga berisi daging domba cincang, ayam atau daging ikan seafood. Namun, resep kali ini akan membuat samosa isi sayuran dari bahan kulit dimsum sisa Imlek. Samosa sayuran terbuat dari bahan kentang, wortel, kacang polong, bawang bombai, saus pasta kari, dan minyak sayur. Simak resep samosa sayuran, dikutip dari laman Allrecipes.com, berikut selengkapnya. 

Resep samosa sayuran

Bahan:

2 sdm minyak sayur 

4 buah kentang ukuran sedang, kupas dan potong dadu dengan ukuran 1 cm

75 gram bawang bombai cincang

110 gram kacang polong dan wortel kalengan, tiriskan (pakai sayur segar biasa dicincang)

254 gram pasta kari 

Tepung untuk taburan

12 kulit pangsit

Cara membuat samosa sayuran:

1. Siapkan wajan besar, panaskan dua sendok makan minyak di atas api sedang, Tambahkan kentang dan bawang, masak, aduk terus, sekitar 15 menit atau sampai lunak. Tambahkan kacang polong, wortel, saus kari dan masak empat sampai lima menit. Dinginkan.

2. Beri tepung pada loyang secara merata.  Potong kulit dimsum menjadi dua secara diagonal untuk membuat dua segitiga. Sendok satu atau dua makan isian tengah samosa.  Beri air pada tepi kulit dimsum, lipat dua untuk membentuk segitiga dan tekan ujung-ujungnya untuk menutup. Pindahkan samosa isi ke dalam loyang bertepung.

3. Siapkan penggorengan dengan permukaan dalam atau panci, panaskan minyak hingga suhu 175 derajat celcius. Goreng samosa sedikit demi sedikit, sesekali dibalik, dua sampai tiga menit atau hingga berwarna coklat keemasan. Tiriskan di atas tisu. Sajikan dengan saus sambal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Samosa Sayuran, Pakai Sisa Kulit Dimsum", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/25/070400875/resep-samosa-sayuran-pakai-sisa-kulit-dimsum.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm