Francesco Bagnaia menggunakan nomor start 1 pada Ducati Desmosedici GP23 untuk MotoGP 2023(Dok. Ducati)
Francesco Bagnaia menggunakan nomor start 1 pada Ducati Desmosedici GP23 untuk MotoGP 2023(Dok. Ducati) ( KOMPAS.COM)

Bagnaia Santai Ada Larangan Memakai Perangkat Suspensi Depan

26 Januari 2023 21:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mulai musim ini, perangkat suspensi depan Ducati resmi dilarang. Meski demikian, Francesco Bagnaia mengaku sama sekali tidak keberatan.

Perangkat suspensi depan yang dikembangkan oleh Ducati dipercaya dapat memberikan keuntungan saat motor berakselerasi. Perangkat tersebut juga dikembangkan oleh pabrikan lainnya.

Tapi, para kompetitor Ducati berpendapat bahwa perangkat tersebut tidak berguna untuk motor produksi massal. Sebab, menurut filosofi, teknologi yang dikembangkan di dunia balap pada akhirnya akan menjadi teknologi yang disematkan di motor jalanan.

Bagnaia mengatakan, dirinya cuma beberapa kali saja menggunakan perangkat suspensi depan. Maka itu, dia merasa tidak keberatan kalau harus balapan tanpa perangkat suspensi tersebut.

"Saya menggunakan perangkat suspensi depan saat sesi tes, dan FP1, FP2, FP3 di Qatar, selanjutnya saya berhenti menggunakannya," ujar Bagnaia, dikutip dari Crash.net, Kamis (26/1/2023).

"Jadi, ini tidak akan menjadi perubahan yang besar bagi saya. Ketika mereka memutuskan untuk melepasnya, bukan masalah bagi saya," kata Bagnaia.

Menurut Bagnaia, bukan perangkat suspensi depan yang berpengaruh baginya. Namun, justru fairing Desmosedici GP23 yang lebih ramping yang diakui memberikan peningkatan dalam pengendalian motor.

"Jika Anda ingat, sepanjang tahun fairing Ducati sangat besar dan tahun lalu kami menggunakan yang kecil. Saya sangat memaksa untuk itu dan kami mengubah feeling dengan motor sangat besar," ujarnya.

Bagnaia mengatakan, untuk fairing tahun ini tidak jauh berbeda dengan musim lalu. Dia juga membocorkan bahwa Ducati sangat fokus dengan aerodinamika motor.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bagnaia Santai Ada Larangan Menggunakan Perangkat Suspensi Depan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/26/124200015/bagnaia-santai-ada-larangan-menggunakan-perangkat-suspensi-depan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm