Aplikasi penghitung kalori dapat mempermudah kita mencatat asupan kalori harian untuk membantu menyukseskan diet.
Aplikasi penghitung kalori dapat mempermudah kita mencatat asupan kalori harian untuk membantu menyukseskan diet. ( SHUTTERSTOCK)

Khusus Untuk Pemula, Inilah 5 Tips Diet Sehat Anti Stres. Yuk Coba!

31 Januari 2023 10:33 WIB

SonoraBangka.id - Tak sedikit orang yang sampai mengalami stres saat berusaha menurunkan berat badan yang tak kunjung berkurang.

Menurunkan berat badan memang tidak bisa dianggap mudah. Pada awalnya, stres memang membuat nafsu makan berkurang.

Namun, stres kronis jangka panjang justru bisa meningkatkan rasa lapar yang pada akhirnya bisa menyebabkan gagal diet.

"Kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan kadar insulin, sehingga membuat kita mendambakan makanan yang manis dan berlemak tinggi," ujar Chief Medical Officer for Medi-Weightloss, Gretchen San Miguel, MD, dikutip dari Kompas.com.

Hal tersebut juga bisa menyebabkan penambahan berat badan, tekanan darah tinggi, diabetes, kelelahan, dan kesulitan berkonsentrasi.

Meski begitu, Miguel punya beberapa tips agar kita bisa diet sehat sekaligus mengurangi stres. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

1. Kurangi makanan manis

Miguel mengatakan, makanan tinggi gula bisa membuat kita ketagihan.

Hal tersebut dapat menciptakan siklus tanpa akhir.

Selain itu, mengonsumsi gula juga dikaitkan dengan tingkat kortisol alias hormon stres yang lebih tinggi pada orang yang mengalami obesitas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm