Ilustrasi keluarga
Ilustrasi keluarga ( Sumber thinkstockphotos via Kompas.com)

Jangan Dihukum, Ternyata Begni Gaya Mengasuh secara Positif dan Manfaatnya untuk Anak

1 Februari 2023 21:12 WIB

SonoraBangka.id - Pola pengasuhan anak memang tidak pernah mudah, banyak sekali tantangan-tantangan yang dihadapi orang tua.

Begitu juga tidak ada formula praktis atau jalan pintas membesarkan anak yang bahagia, sehat, dan memiliki tata krama yang baik.

Semuanya perlu usaha dan kerjasama antara orang tua dan anak itu sendiri.

Perlu Kawan Puan ingat, pengasuhan itu tidak hanya mendidik anak, melainkan juga mendidik diri sendiri dan belajar tentang kehidupan darinya.

Salah satu gaya pengasuhan yang menghadirkan banyak manfaat bagi anak adalah gaya pengasuhan positif.

Pengasuhan jenis ini tidak permisif atau membiarkan anak berkembang sesuai keinginannya dan orang tua hanya menurut saja, bukan itu.

Pengasuhan positif berarti mengasuh anak yang tidak ditandai dengan kekerasan, hukuman, atau penghargaan saat mereka berhasil saja.

Gaya ini menekankan bagaimana orang tua mengapreasiasi proses tumbuh kembang anak dan belajar dari kesalahannya.

Fokusnya, evaluasi dan introspeksi menggantikan hukuman sebagai cara untuk mengetahui sebuah kesalahan atau kesalahpahaman.

Selain itu, tindakan manipulatif dalam pengasuhan juga wajib dihindari karena ini merupakan kekerasan verbal yang sering tidak disadari.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm