Aneka pilihan marshmallow di Marshmellow Jogja.
Aneka pilihan marshmallow di Marshmellow Jogja. ( DOK.TIKTOK/marshmellowjogja)

Untuk Lapisan Aneka Camilan, Berikut 3 Cara Membuat Saus Cokelat

5 Februari 2023 21:10 WIB

SonoraBangka.id - Menjelang hari Valentine, mungkin kamu ingin membuat olahan cokelat ala rumahan untuk dijadikan bingkisan atau hadiah orang terkasih. Jika, kamu ingin membuat saus cokelat sebagai pelapis aneka makanan terutama marshmallow.  Ada cara membuat saus cokelat yang set dan mengilap dari pedagang marshmallow lapis cokelat di Yogyakarta. Dihubungi oleh Kompas.com pada Rabu (01/02/2023), Yossy Redha Aldise mengungkap beberapa tips bikin saus cokelat agar tidak mudah meleleh.  

1. Hindari menggunakan cokelat yang disimpan di kulkas

Menurut Yossy, menggunakan cokelat yang disimpan dalam kulkas bisa membuat tekstur dari adonan saus bisa rusak.  "Jadi kalau mau bikin saus cokelat itu harus pakai cokelat dengan suhu ruang. Jadi biar nggak rusak adonannya." ungkapnya. 

2. Gunakan bahan yang berkualitas

Penting untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas agar hasilnya juga memuaskan. Pemilihan bahan juga tidak boleh sembarangan, misalnya menggunakan cokelat premium.  "Kalau saya selama berjualan ini selalu menggunakan bahan berkualitas yang premium. Jadi hasilnya ya asal-asalan. Misalnya cokelatnya itu saja, saya pakainya yang premium. Dari masih jaman coba-coba juga sudah pakai bahan berkualitas yang harganya tergolong mahal menurut saya." jelas Yossy kepada Kompas.com. 

3. Gunakan alat pendukung dari stainless steel

Penggunakan alat pendukung untuk membuat saus cokelat bisa dipilih yang dari panci stainless steel. Selain itu, Yossy juga mengungkapkan kalau pada saat memasak cokelat ada bainya untuk menggunakan pengatur suhu makanan agar tepat.  "Saya menyarankannya itu menggunakan pengatur suhu makanan, jadi melelehkan cokelat itu tidak bisa sembarangan begitu saja. Harus dicek panas air rebusan untuk melelehkan cokelat hingga adonannya itu." katanya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Saus Cokelat untuk Lapisan Aneka Camilan ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/03/121300075/3-cara-membuat-saus-cokelat-untuk-lapisan-aneka-camilan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm