Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja(Erwin Setiawan)
Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja(Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Kompresor AC pada Mobil Rusak Tidak Melulu karena Masalah Oli

8 Februari 2023 22:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah AC pada mobil memang seharusnya diservis secara berkala untuk menjaga performa. Kalau tidak demikian, lama-lama sistem pendingin kabin ini tidak akan mampu menjaga suhu udara tetap sejuk.

Selain bertujuan menjaga performa AC tetap baik, dengan dilakukan perawatan AC secara berkala diharapkan bisa menjaga keawetan komponen.

Sayangnya, tidak jarang ketika melakukan perawatan AC mobil justru ada-ada saja yang harus diganti. Padahal, performa AC sebelumnya tidak ada masalah dan bisa dikatakan masih baik.

Seperti temuan oli kompresor yang berubah warna jadi hitam katanya tanda bahwa kompresor harus diganti. Apakah benar demikian?

Pemilik Bengkel AC Mobil MF Auto Cool Fendi mengatakan oli kompresor wajarnya berwarna hijau, tapi bisa berubah menjadi hitam jika terjadi penumpukan kotoran di saluran AC.

“Hitam di oli kompresor itu sebenarnya kotoran yang tertumpuk, akhirnya mengkontaminasi oli sehingga perubahan warna oli pun terjadi,” ucap Fendi kepada Kompas.com, Selasa (7/2/2023).

Dia mengatakan kotoran tersebut memang berkaitan dengan kompresor, terlebih lagi oli memang bertujuan untuk melumasi komponen tersebut.

“Logikanya, hanya kompresor yang bisa menghasilkan kotoran berupa serbuk logam, karena komponen ini lah yang bekerja menghasiklan gaya gesek, jadi oli kompresor yang menghitam biasa dikaitkan dengan rusaknya kompresor AC,” ucap Fendi.

Walau demikian, dia mengatakan tetap memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan kompresor rusak atau tidak.

“Biasanya kalau kompresor AC rusak juga akan muncul bunyi ngorok di kompresor, atau bisa juga membaca tekanan kompresor yang mampu dihasilkan saat memeriksa tekanan AC dengan alat,” ucap Fendi.

Jadi, selain melihat warna oli cara menentukan kompresor rusak atau tidak, perlu pemeriksaan menggunakan alat khusus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kompresor AC Mobil Rusak Tidak Melulu karena Masalah Oli", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/08/161200015/kompresor-ac-mobil-rusak-tidak-melulu-karena-masalah-oli.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm