ilustrasi tuna mentah.
ilustrasi tuna mentah. ( SHUTTERSTOCK/Patryk Kosmider)

Perhatikan Cara Potongnya, Berikut 3 Cara Masak Tuna Di Rumah

18 Februari 2023 20:36 WIB

SonoraBangka.id -  Mengolah tuna cukup mudah, apalagi bila kamu membeli tuna siap masak yang sudah difilet dan dikemas rapi. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengolah daging ikan berwarna merah ini. Daniel Deadrick, koki di Komunal 88, membagikan tiga cara memasak tuna beirkut ini.

1. Potong berlawanan arah serat

Daniel mengatakan, memotong tuna tidak boleh asal-asalan. Arah potong ikan ini harus berlawanan arah serat. "Cara memotong tuna hampir sama kayak salmon, tidak boleh mengikuti arah seratnya, nanti langsung pecah," kata Daniel saat ditemui Kompas.com dalam acara Chef in da Hood di Green Canyon Restaurant, The Alana Hotel & Conference Sentul City pada Jumat (10/2/2023). 

2. Bumbui dengan perasan lemon

Selain garam dan lada, kamu bisa membumbui tuna dengan sedikit perasan lemon. Perasan lemon akan membantu mengurangi amis tuna. Selain itu, cairan asam alami ini juga membantu pematangan ikan.

3. Masak sebentar

Daniel menyarankan, sebaiknya tuna segar tidak dimasak terlalu lama. Paling simpel, kamu bisa memakai teknik pan seared. Sementara untuk tuna yang sudah disimpan lama di kulkas atau freezer, ia lebih menyarankan untuk memasaknya hingga benar-benar matang. "Dipotong tipis-tipis atau dicincang, dimasak pakai bumbu khas Indonesia sampai well done," ujar Daniel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Tuna di Rumah, Perhatikan Cara Potongnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/17/170700675/3-cara-masak-tuna-di-rumah-perhatikan-cara-potongnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm