ilustrasi baby octopus atau baby gurita.
ilustrasi baby octopus atau baby gurita. ( shutterstock/Mironov Vladimir)

Cukup Masak Sebentar, Berikut 3 Cara Olah Baby Gurita Agar Tak Alot

18 Februari 2023 20:40 WIB

SonoraBangka.id - Baby octopus atau baby gurita termasuk salah satu jenis seafood yang bisa kamu temui di pasaran. Cara memasak baby gurita mirip dengan cumi-cumi. Bisa dimasak cepat, tetapi rentan alot bila mengolahnya tidak tepat. Reggie Kaihatu, Executive Chef The Alana Hotel Sentul City, membagikan tiga cara memasak baby gurita berikut ini.

1. Pakai baby gurita segar

Kesegaran seafood sangat penting diperhatikan sebelum memasaknya. Makin segar, makin mudah diolah dan enak rasanya. "Baby gurita lebih baik segar, kalau beku lebih sulit masaknya, jus di dalamnya sudah keluar," kata Reggie saat ditemui Kompas.com dalam acara Chef in da Hood di Green Canyon Restaurant, The Alana Hotel & Conference Sentul City pada Jumat (10/2/2023). 

2. Bersihkan baby gurita 

Selanjutnya, bersihkan baby gurita untuk mengurangi amis dan membuang sisa kotoran di dalamnya. Reggie menuturkan, baby gurita segar biasanya sudah dijual dalam kondisi bersih. Kamu juga bisa meminta bantuan penjual untuk menyiapkan seafood ini dalam keadaan bersih dan siap dimasak.

3. Masak hingga kecoklatan

Cara memasak baby gurita yang paling disarankan Reggie adalah pan seared. Menurutnya, metode memasak dengan sedikit minyak ini lebih mudah dilakukan di rumah daripada teknik lain. Baby gurita cukup dimasak hingga kecoklatan. Kamu bisa mengatur suhu api kecil hingga sedang saat memasaknya. "Kalau direbus harus tahu pasti suhu dan durasinya. Kalau kelewatan bisa alot. Jadi pan seared memang paling mudah," ujar Reggie.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Olah Baby Gurita agar Tidak Alot, Cukup Masak Sebentar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/17/140700975/3-cara-olah-baby-gurita-agar-tidak-alot-cukup-masak-sebentar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm