Lampu indikator check engine nyala menandakan masalah kerusakan sensor kendaraan (Dicky Aditya Wijaya)
Lampu indikator check engine nyala menandakan masalah kerusakan sensor kendaraan (Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Waspada Oknum Pedagang Mobil yang Nakal Cabut Lampu Indikator Mesin

18 Februari 2023 22:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Engine check lamp atau malfunction indicator lamp (MIL) yang biasa disebut lampu cek engine merupakan fitur di mobil untuk memberikan informasi kepada pengemudi bahwa telah terjadi masalah di sistem mesin.

Sehingga, pengemudi menjadi waspada dan bisa segera menghubungi bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan. Tapi, tidak sedikit orang lebih memilih mematikan lampu tersebut khususnya bagi yang ingin menjual mobilnya.

Dengan munculnya lampu kuning tersebut maka calon pembeli mobil akan dengan gampang mengetahui bahwa mobil tersebut bermasalah. Alhasil, proses transaksi jual beli menjadi tidak lancar bahkan bisa berujung pada penurunan harga jual mobil.

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho mengatakan lampu cek engine sangat berguna, selain sebagai informasi untuk pengemudi lampu tersebut juga akan mempermudah montir dalam mendeteksi kerusakan pada mobil yang berhubungan dengan kelistrikan mesin.

“Sebenarnya lampu tersebut bisa memunculkan kode permasalahan yang ada pada mesin, khususnya pada kelistrikannya, seperti yang diketahui mesin-mesin mobil modern sudah dilengkapi dengan berbagai sensor dan ECU sebagai pengendali sistem,” ucap Aji kepada Kompas.com, Sabtu (18/2/2023).

Dia mengatakan pola pikir pemilik mobil sebaiknya perlu diubah ketika melihat lampu ini menyala ketika mesin bekerja.

“Lampu ini bukanlah sumber masalah yang perlu dimatikan, tapi lampu ini justru menguntungkan pengguna mobil agar segala jenis permasalah kelistrikan mesin dapat segera diketahui dan dicari tahu sumber masalahnya,” ucap Aji.

Dia mengatakan tidak jarang orang justru menutup lampu cek engine agar menutupi fakta bahwa mobil tersebut memiliki masalah di kelistrikan mesin.

“Biasanya oknum yang ingin menjual mobilnya, daripada menghabiskan biaya perbaikan yang lumayan banyak, mereka justru menutup lampu cek engine di speedometer dengan selotip hitam, sehingga lampu itu tidak akan timbul,” ucap Aji.

Menurut Aji cara tersebut tidak bijak karena termasuk ke dalam tindak penipuan, karena sesungguhnya masalah di mobil tersebut masih ada.

“Ketika dilakukan scanning, maka akan ketahuan beberapa masalah yang ada di mobil meski lampu cek engine tertutup, jadi bagi calon pembeli mobil perlu waspada, harusnya kerusakan kelistrikan tersebut lah yang harus diperbaiki” ucap Aji.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada Oknum Pedagang Mobil Nakal Cabut Lampu Indikator Mesin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/18/103325615/waspada-oknum-pedagang-mobil-nakal-cabut-lampu-indikator-mesin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm