Ilustrasi Lansia
Ilustrasi Lansia ( Thinkstockphotos )

Harus Pilih Jenis Makanannya, Ini 5 Tips Diet Sehat untuk Lansia

19 Februari 2023 07:24 WIB

SonoraBangka.id - Tentunya untuk tips diet sehat khusus lansia harus diperhatikan secara detail hingga keamanannya.

Jika salah langkah dalam menentukan tips diet sehat untuk lansia, bisa saja menimbulkan kefatalan.

Memerhatikan asupan nutrisi yang masuk tentu sangat baik terkait menu diet sehat untuk lansia.

Diketahui nutrisi sendiri merupakan makan makanan yang sehat dan seimbang hingga zat-zat dalam makanan yang dibutuhkan tubuh kita agar dapat berfungsi dan bekerja secara optimal . Zat-zat tersebut meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air.

Nutrisi yang baik itu sangatlah penting, berapa pun usia kita, nutrisi memberikan seseorang energi dan dapat membantu mengontrol berat badan. Nutrisi yang baik juga dapat membantu mencegah beberapa penyakit, seperti osteoporosis, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker tertentu.

Namun, seiring bertambahnya usia, tubuh dan kehidupan Sahabat NOVA tentu berubah, begitu pula dengan apa yang dibutuhkan untuk tetap sehat. Sebagai contoh, Sahabat NOVA mungkin membutuhkan lebih sedikit kalori, tetapi tetap harus mendapatkan nutrisi yang cukup. Beberapa orang dewasa yang lebih tua membutuhkan lebih banyak protein.

Untuk itu, bagaimanakah tips diet sehat untuk lansia yang bagus untuk tubuh? Perhatikan tips-tips berikut ini yang dilansir dari Medline Plus.

1. Makanlah makanan yang memberi banyak nutrisi tanpa banyak kalori ekstra, seperti

- Buah-buahan dan sayuran (pilihlah jenis yang berbeda dengan warna-warna cerah)
- Biji-bijian, seperti oatmeal, roti gandum, dan beras merah
- Susu dan keju bebas lemak atau rendah lemak, atau susu kedelai atau susu beras yang telah ditambahkan vitamin D dan kalsium
- Makanan laut, daging tanpa lemak, unggas, dan telur
- Kacang-kacangan dan biji-bijian

2. Hindari makanan yang berkalori tinggi dan kosong nutrisi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm