Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil. (Dicky Aditya Wijaya)
Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil. (Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Begini Langkah Menangani Freon AC Mobil yang Sering Berkurang

21 Februari 2023 22:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Freon merupakan zat yang menjadi refrigerant atau elemen penghasil dingin pada sistem AC mobil. Udara dingin yang berembus di kabin merupakan hasil persinggungan udara dengan evaporator, tempat pengabutan freon cair menjadi gas.

Oleh karena itu, berkurangnya volume freon kerap menjadi pemicu terjadinya AC mobil kurang dingin. Untuk mengetahui kurang atau tidak, tentu harus dilakukan pemeriksaan memakai alat tekanan freon.

Lantas, kalau dari hasil pemeriksaan tersebut dinyatakan oleh pihak bengkel freon kurang, apa boleh freon langsung ditambah?

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho mengatakan menambah freon secara langsung boleh saja, tapi yang paling penting adalah memeriksa penyebab berkurangnya freon.

“Kalau diisi langsung boleh saja, nanti AC akan dingin, tapi tidak lama akan menjadi tidak dingin lagi, karena penyebab freon berkurang belum diperbaiki,” ucap Aji kepada Kompas.com, Selasa (21/2/2023).

Secara logika, menurut Aji, freon tidak akan berkurang kalau tidak ada kebocoran karena saluran freon di AC tertutup.

“Bila freon berkurang, sebaiknya dilakukan pemeriksaan kebocoran pada sistem AC mobil, jadi begitu freon diisi akan awet dinginnya, jadi tidak buang-buang biaya dan waktu,” ucap Aji.

Menurut dia, dengan melakukan pemeriksaan tersebut tentu biaya yang dikeluarkan akan menjadi lebih banyak karena harus melakukan penggantian komponen jika memang ada yang bocor.

“Biaya pemeriksaan atau perbaikan freon yang bocor bervariasi, terkadang disebabkan oleh komponen utama sehingga biaya perbaikannya mahal, ada juga yang disebabkan oleh seal yang harganya jauh lebih murah,” ucap Aji.

Jadi, kembali lagi kepada keputusan pemilik mobil ketika freon AC mobil berkurang, bisa menambahnya langsung dengan risiko tidak lama akan kembali kurang atau diperbaiki sekalian agar AC lebih awet dinginnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Langkah Menangani Freon AC Mobil yang Sering Berkurang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/21/141200915/begini-langkah-menangani-freon-ac-mobil-yang-sering-berkurang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm