Ilustrasi selai kacang.
Ilustrasi selai kacang. ( Unsplash/Rob Wicks)

Untuk Olesan Roti Tawar, Berikut 4 Cara Membuat Selai Kacang Rumahan

1 Maret 2023 20:44 WIB

SonoraBangka.id - Kamu termasuk pencinta roti panggang? Selain enak dihidangkan dengan olesan selai buah, kamu juga bisa mengoleskan selai kacang ala rumahan ini pada roti.  Selain bisa beli secara instan di minimarket, tetapi kamu juga bisa membuat selai kacang ala rumahan. Bahannya cukup mudah, seperti menyiapkan kacang tanah, garam, dan madu.  Selengkapnya, simak tips membuat selai kacang rumahan dari majalah Sedap 3/2017 terbitan Gramedia.  

1. Siapkan bahan membuat selai kacang 

Dalam majalah tersebut menyebutkan, kamu perlu menyiapkan bahan seperti kacang tanah, garam, dan madu untuk membuat selai kacang.  Gunakan sekitar 1 kilogram kacang tanah, 2 sendok teh garam, dan 1 sendok teh madu untuk membuat stoples selai kacang. 

2. Goreng dan sangrai kacang tanah 

Sangrai kacang tanah sebelum diblender halus. Selain disangrai, kamu juga bisa menggoreng kacang.  Hanya saja, hasil dari selai agar berminyak dan berwarna kecokelatan. Proses sangrai kacang juga perlu diperhatikan. Pastikan untuk menggunakan api kecil yang stabil.  Aduk kacang tanah hingga aromanya tercium enak. 

3. Cara giling kacang 

Cara menggiling kacang tidak boleh dalam keadaan panas. Hal tersebut bisa membuat selai kacang mencair. 

4. Tuang garam dan madu 

Pada proses menggiling kacang hingga setengah halus, tuang garam dan madu sesuai takaran. Giling hingga hasilnya lembut. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Selai Kacang Rumahan, Olesan Roti Tawar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/01/121300175/4-cara-membuat-selai-kacang-rumahan-olesan-roti-tawar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm