Ilustrasi mobil listrik sedang mengisi daya di SPKLU Shell Recharge di Mal Pacific Place(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Ilustrasi mobil listrik sedang mengisi daya di SPKLU Shell Recharge di Mal Pacific Place(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Diklaim Lebih Murah, Simak Perhitungan Menggunakan Kendaraan Listrik

1 Maret 2023 21:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT PLN (Persero) menyatakan penggunaan kendaraan listrik sebagai alat transportasi harian lebih hemat dibanding kendaraan berbahan berbahan bakar minyak, di samping ramah lingkungan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, sebagai gambaran, mobil yang menggunakan BBM dengan jarak tempuh 10 kilometer (km) menghabiskan 1 liter BBM, sedangkan mobil listrik dengan jarak sama menghabiskan 1,2 kilowatt hour (kWh).

Dengan asumsi tarif listrik sebesar Rp 1.699,54 kWh, maka mobil listrik cuma perlu Rp 2.500-an untik mengisi dayanya. Sementara kendaraan konvensional dibutukan sekitar Rp 14.000 dalam menempuh jarak yang sama.

"Dengan begitu menggunakan mobil listrik lebih hemat sekitar 75 persen dari pada menggunakan mobil BBM," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (27/2/2023).

Dari sisi lingkungan, dengan menggunakan kendaraan listrik masyarakat sudah turut berkontribusi untuk mengurangi emisi 56 persen. Sebagai gambaran, 1 liter BBM setara dengan 1,2 kWh listrik.

Maka emisi karbon 1 liter BBM setara dengan 2,4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1,2 kWh listrik emisinya setara 1,02 kg CO2e.

Apalagi, kata dia, listrik yang disediakan untuk mengisi daya kendaraan juga akan semakin bersih, menyusul mulai dibangunnya pembangkit yang berbasis energi baru terbarukan (EBT).

"Seiring dengan pembangkit PLN yang akan menuju ke EBT, maka ke depan kendaraan listrik emisinya akan nol," ucapnya.

Darmawan menambahkan, masyarakat juga bisa tetap tampil keren dengan kendaraan yang dimiliki melalui konversi kendaraan BBM ke listrik. Ia bilang, program konversi ini sudah disediakan Kementerian ESDM dan PLN.

"Melalui konversi kendaraan listrik pecinta otomotif tetap bisa berkreasi sesuai dengan keinginan. Misalnya dengan mengkonversi motor vespa jadul ataupun motor costum kekinian menjadi kendaraan listrik," tutup Darmawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diklaim Lebih Murah, Simak Perhitungan Penggunaan Kendaraan Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/01/151200415/diklaim-lebih-murah-simak-perhitungan-penggunaan-kendaraan-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm