Ilustrasi tanaman hidroponik
Ilustrasi tanaman hidroponik ( PIXABAY/SIPPAKORN )

Berikut Cara Menanam Sayuran Hidroponik di Rumah dari Nol hingga Panen

3 Maret 2023 07:50 WIB

SonoraBangka.id - Menanam sayuran hidroponik sendiri di rumah juga membuat kita lebih hemat dan sehat karena kita bisa mengonsumsi sayuran organik segar yang kita tanam sendiri.

Cara menanam sayuran hidroponik bisa dibilang cukup mudah dilakukan apalagi cara menanam sayuran hidroponik ini bisa dilakukan di rumah dengan lahan yang terbatas.

Bahkan, sayuran hidroponik ini bisa menambah pundi-pundi uang, jika kita menjualnya.

Menanam sayuran dengan cara hidroponik berarti kita menggunakan air sebagai media pengganti tanah. Lantas, bagaimana cara menanam sayuran hidroponik di rumah?

Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini, seperti yang disampaikan oleh Andri, pengurus kebun hidroponik Elsa Farm di kawasan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

1. Membuat instalasi hidroponik

Ilustrasi tanaman hidroponik
pixabay.com
ilustrasi instalasi hidroponik

Untuk langkah pertama, Andri mengatakan, kita perlu membuat instalasi hidroponik terlebih dahulu.

Sahabat NOVA perlu menyiapkan paralon yang panjangnya disesuaikan dengan ketersediaan lahan di rumah. Kemudian, siapkan pula net pot, selang, pompa air, dan bak penampung air untuk nutrisi.

Lubangi pipa paralon sesuai ukuran net pot. Beri jarak 10 cm untuk setiap lubang agar tanaman tidak berdesakan satu sama lain. Lakukan hal yang sama untuk paralon lainnya.

Letakkan paralon tersebut di atas penyangga tetap.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm