Ilustrasi penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.
Ilustrasi penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. ( KOMPAS.com)

Kemenhub Targetkan 400 Pesawat Layani Mudik Lebaran 2023

3 Maret 2023 17:10 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan sekitar 400 pesawat akan melayani angkutan Lebaran 2023.

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan, M Mauluddin mengatakan, saat ini, tercatat sekitar 385 pesawat yang melayani penumpang.

"Diharapkan nanti bisa di atas 400 jumlah pesawat untuk diterbangkan. Saat ini masih sekitar 385 pesawat yang menerbangkan," kata Mauluddin di SOHO Pancoran, Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Mauluddin mengatakan, saat ini, bisnis penerbangan memasuki masa low season sehingga beberapa pesawat dilakukan pemeliharaan (maintenance).

Nantinya, kata dia, pesawat tersebut dioperasikan selama masa peak season di Lebaran 2023.

"Jadi sekarang pesawat maintenance nanti di Lebaran akan jalan lagi. Sekarang penumpang lagi low kan waktunya memang gitu," ujarnya.

Pantau 51 bandara

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan, akan melakukan pemantauan pada 51 bandara selama periode angkutan udara Lebaran tahun 2023.

Ia mengatakan, 51 bandara yang dilakukan pemantauan tersebut, 16 di antaranya merupakan bandara internasional (entry point).

Menurut Kristi, pemantauan dilakukan dengan mendirikan posko angkutan udara Lebaran yang akan memberikan pelayanan transportasi udara kepada masyarakat selama arus mudik dan balik.

"51 bandara tersebut terdiri dari 14 bandara yang dikelola oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara, 15 bandara dikelola oleh PT. Angkasa Pura I, 20 bandara dikelola oleh PT. Angkasa Pura II, 1 bandara dikelola oleh Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Batam dan 1 bandara yang dikelola oleh Pemerintah Daerah," kata Kristi dalam keterangan tertulis dikutip Rabu (1/3/2023).

Kristi mengatakan, untuk mengatasi lonjakan penumpang, akan dilakukan penambahan kapasitas tempat duduk melalui extra flight atau mengganti pesawat dengan ukuran yang lebih besar.

"Kami juga memastikan kesiapan armada, jam operasi bandara, utilisasi jam terbang pesawat, serta tidak ada pekerjaan yang dilakukan pada sisi udara," ujarnya.

Lebih lanjut, terkait harga tiket pesawat, Kristi mengatakan, akan dilakukan pengawasan oleh para inspektur dari direktorat teknis terkait kepada maskapai dan ground handling.

"Tugas kami memastikan pelayanan sebelum, selama dan setelah penerbangan (pre-in-post flight) berjalan sesuai dengan prosedur penerbangan," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub Targetkan 400 Pesawat Layani Mudik Lebaran 2023", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/03/03/144000926/kemenhub-targetkan-400-pesawat-layani-mudik-lebaran-2023?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm