Ilustrasi puree sayur di dalam stoples kaca.
Ilustrasi puree sayur di dalam stoples kaca. ( SHUTTERSTOCK/MARGOUILLAT PHOTO)

Perhatikan Jenis Sayuran, Berikut Ini 7 Tips Mmebuat Pure Sayur

5 Maret 2023 19:22 WIB

SonoraBangka.id - Pure adalah bahan makanan yang dihaluskan biasanya menggunakan blender atau food processor sampai teksturnya lembut dan halus seperti pasta. Bahan dasar pure beragam seperti sayur, kacang-kacangan, buah, dan protein hewani misalnya daging sapi. Pure umumnya menjadi MPASI anak usia enam bulan ke atas sehingga bahan dan teksturnya perlu diperhatikan. Simak tips membuat pure sayuran agar lembut dan tanpa sisa serabut (serat kasar) melansir Serious Eats berikut. 

1. Masak dan potong sayur

Sayur untuk pure sebaiknya dimasak terlebih dahulu dan bagian keras seperti kulit atau biji dibuang kemudian dihaluskan. Pastikan sayuran dipotong kecil terlebih dahulu supaya bisa lebih mudah dihaluskan dan tercampur dengan rata. Selain tekstur, rasa dan warna juga penting dalam proses membuat pure sehingga pastikan untuk tidak berlebihan saat memasak sayur. Hati-hati dengan sisa makanan selama proses membuat pure karena sayuran hijau bisa cepat berubah warna menjadi abu-abu.

2. Tekan pisau blender untuk bikin pure kental

Kamu harus menekan lebih kuat dan gerakkan penekan blender supaya sayuran bisa mengenai mata pisau dan hancur secara merata. Lakukan hal tersebut jika kamu membuat pure kental atau saat menggunakan blender yang mata pisaunya lemah. Gunakan bagian bawah sendok untuk mendorong sayuran ke arah mata pisau. 

3. Tambahkan bahan penambah cita rasa

Tambahkan pula sedikit mentega, minyak, krim, atau kaldu untuk menambahkan cita rasa pure. Kalau memakai blender atau food processor, kamu bisa langsung memasukkan mentega atau bahan tambahan lain saat awal. Jika kamu menggunakan masher atau penggiling, masukkan mentega atau bahan lain saat bagian akhir. 

4. Haluskan sayur dalam kondisi dingin

Jangan masukkan sayuran dalam kondisi masih panas. Jika kamu masukkan sayuran yang masih panas ke dalam blender dan langsung menutupnya, uap panas bisa meledakkan blender.  Lebih baik, sayuran didiamkan sebentar hingga suhunya sedikit dingin, baru bisa dimasukkan sedikit-sedikit ke dalam blender. Mulai nyalakan blender dari mode yang paling pelan dan naikkan kecepatannya secara perlahan. 

5. Jangan rebus sayuran yang mengandung banyak air

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm