Ilustrasi bandeng presto dan sambal tomat.
Ilustrasi bandeng presto dan sambal tomat. ( Dok. Shutterstock/Tiwuk Suwantini)

Berikut Cara Membuat Bandeng Presto Sambal Tomat Dan Asam Manis

11 Maret 2023 19:04 WIB

SonoraBangka.id - Kelebihan dari bandeng presto, kamu bisa makan keseluruhan bagian tubuhnya karena memiliki duri yang lunak, sehingga tidak perlu khawatir terhadap durinya. Bandeng presto paling pas disantap dengan sambal tomat asam manis dan sepiring nasi hangat. Saat ini, bandeng presto bisa ditemui di banyak toko swalayan dalam bentuk kemasan yang sudah jadi. Namun, kamu juga bisa untuk membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat bandeng presto rumahan ini bisa jadi ide jualan lauk tahan lama saat Ramadhan. Investasi dengan alat vakum makanan agar bandeng presto tahan lama.  Simak resep dan cara membuat bandeng presto sambal tomat asam manis berikut ini, dikutip dari buku “Petunjuk Praktis Membuat Bandeng Presto” (2007) karya Neni Suhaenih terbitan Penerbit Nuansa. 

Resep bandeng presto dan sambal tomat asam manis

Bahan bandeng presto

5 kg ikan bandeng

200 gram bawang merah

100 gram bawang putih

100 gram gula pasir

150 gram garam halus

750 gram tomat

25 gram jahe

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm