Jus buah mengandung banyak pemanis, sebaiknya dihindari jika Anda ingin mengecilkan perut buncit.
Jus buah mengandung banyak pemanis, sebaiknya dihindari jika Anda ingin mengecilkan perut buncit. ( SHUTTERSTOCK/margouillat photo)

Tambah Garam Bila Perlu, Berikut Cara Bikin Minuman Buah Enak Dan Awet

13 Maret 2023 20:43 WIB

SonoraBangka.id -  Cara mengolah buah menjadi minuman sebenarnya simpel. Hanya memerlukan dua bahan sederhana untuk, yakni buah dan air. Selain membuat minuman buah dengan cara biasa, kamu juga bisa mengikuti beberapa tips bikin jus dan moktail ini. Selengkapnya, simak empat cara membuat minuman buah yang dibagikan oleh chef sekaligus content creator Putri Miranti berikut ini.

1. Perhatikan takaran buah dan pemanis

Sebagian buah bercita rasa manis. Bahkan, beberapa di antaranya terasa sangat manis. Namun, bila mencampur buah dengan jumlah air yang terlalu banyak, manisnya bisa berkurang atau menjadi hambar. Tidak perlu menambahkan gula, Putri lebih menyarankan penggunaan madu saat membuat jus atau moktail. Sebanyak 250 mililiter jus buah atau moktail, bisa dicampurkan dengan dua hingga empat sendok makan madu. 

2. Pakai campuran buah asam

Penggunaan buah bercita rasa asam, seperti lemon dan jeruk nipis, tidak hanya membuat cita rasa jus buah semakin enak, melainkan bisa memperpanjang masa simpannya. "Menggunakan buah asam kayak acid, jusnya jadi tidak cepat teroksidasi. Makanya kalau jus dicampur lemon dan lime itu bisa memperlambat oksidasi. Biasanya aman disimpan satu sampai dua hari," jelas Putri. Ketahanan simpan jus buah ini juga bergantung pada wadahnya. Putri mengatakan, tempat menyimpan jus harus kedap udara, tidak boleh disimpan terbuka karena bisa mengubah cita rasa aslinya.

3. Tambahkan sedikit garam

Makanan gurih biasanya tetap memerlukan penambahan gula. Begitu juga dengan moktail manis segar yang sebenarnya bisa ditambahkan sedikit garam menurut Putri. "Dikasih sedikit garam (ke moktail) itu gak papa biar kontras rasanya dan indera perasa kita terangsang, tidak bosan meminumnya," kata Putri saat ditemui wartawan usai acara perilisan Buavita Korean White Peach, Jumat (10/3/2023). Lihat Foto Jus buah mengandung banyak pemanis, sebaiknya dihindari jika Anda ingin mengecilkan perut buncit.

4. Tambah air soda terakhir

Jika ingin mendapatkan buih dari air soda saat membuat moktail, jangan mencampurnya langsung dengan semua bahan. "Kalau air soda dicampurkan di awal, begitu dicampur dengan bahan lain, busanya akan hilang semua, jadi kelihatan seperti air putih biasa," kata Putri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Bikin Minuman Buah Enak dan Awet, Tambah Garam Bila Perlu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/11/145016775/4-cara-bikin-minuman-buah-enak-dan-awet-tambah-garam-bila-perlu?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm