Ilustrasi
Ilustrasi ( Pixabay/Kreatikar )

6 Kegiatan Ini Bisa Mencegah Bau Mulut saat Puasa Ramadhan 2023

14 Maret 2023 07:23 WIB

SonoraBangka.idBau mulut seringnya terjadi karena kita kurang menjaga kebersihan dan kesehatan di dalam rongga mulut.

Ya, bau mulut saat berpuasa membuat orang jadi tidak percata diri, ini tips hidup cara mencegahnya.

Anda bisa ikuti tips hidup cegah bau mulut saat puasa Ramadhan 2023 ini agar nafas segar seharian.

Sebelum itu, apa sebenarnya penyebab bau mulut saat puasa?

Dilansir artikel Tribun Ramadan, menurut dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia, sebenarnya penyebab bau mulut itu, 90 persen disebabkan adanya kelainan pada rongga mulut.

Sedangkan sisanya yaitu 10 persen disebabkan kelainan penyakit yang ada di luar mulut. Penyebab di dalam mulut biasanya mungkin karena masalah gigi geligi.

"Mungkin giginya ada berlubang, akar gigi terinfeksi, gusi terinfeksi, atau ada karang gigi. Bisa juga karena macam-macam penyakit di gigi dan lidah. Seperti tidak pernah dibersihkan, kotor, atau penyakit yang ada di sekitar mulut," paparnya di kanal YouTube Sonora FM, Minggu (17/4/2022).

Selain itu penyakit amandel yang sedang meradang bisa menyebabkan bau mulut. Jika ada nanah kecil yang bersembunyi di sela-sela amandel bisa menyebabkan bau tidak sedap.

Bisa pula karena penyakit sinusitis, pilek alergi, atau pilek kronis. Penyakit yang berada jauh di rongga mulut juga bisa menyebabkan bau mulut.

"Misalnya ada orang punya penyakit diabetes, hati, ginjal. Jadi penyakit di luar tubuh bisa mempengaruhi bau mulut. Dan masih banyak sekali. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm