Ilustrasi sop buntut sapi kuah bening dengan wortel dan kentang.
Ilustrasi sop buntut sapi kuah bening dengan wortel dan kentang. ( SHUTTERSTOCK/ Aris Setya)

Agar Awet Hingga 3 Bulan, Berikut Ini 2 Cara Makanan Berkuah

15 Maret 2023 15:53 WIB

SonoraBangka.id - Makanan berkuah bisa awet disimpan selama berbulan-bulan bila caranya tepat. Makanan berkuah yang dimaksud adalah sup, semur, dan aneka rebusan lainnya, terutama yang tidak mengandung santan. Jika gemar menyimpan makanan berkuah, khususnya selama bulan puasa, kamu bisa menyimak dua tips yang dilansir dari The Spruce Eats berikut ini.

1. Simpan makanan berkuah di kulkas

Makanan berkuah yang sudah didinginkan di suhu ruang, bisa langsung dimasukkan ke dalam kulkas untuk menyimpannya. Wadah untuk menyimpan hidangan berkuah harus tertutup rapat untuk mencegah udara masuk dan merusak kualitasnya. Cara ini dapat memperpanjang masa simpan makanan berkuah hingga tiga hari ke depan. Cocok untuk kamu yang tidak ingin menyimpan masakan terlalu lama.

2. Bekukan makanan berkuah 

Jika ingin makanan berkuah tahan lama, kamu dapat menyimpannya di freezer, membiarkannya beku selama tiga bulan. Namun, pastikan bahwa makanan tersebut tidak mengandung santan, susu dan olahan susu lainnya, seperti keju atau krim. Sama halnya dengan sebelumnya, makanan berkuah harus disimpan di wadah kedap udara. Lebih baik lagi bila kamu memasukkannya ke dalam kantong makanan tertutup rapat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Simpan Makanan Berkuah agar Awet hingga 3 Bulan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/15/140800575/2-cara-simpan-makanan-berkuah-agar-awet-hingga-3-bulan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm