Ilustrasi kulit kentang.
Ilustrasi kulit kentang. ( PIXABAY/DER_MENTOR)

Jangan Taruh Di Kulkas,Berikut 4 Cara Simpan Kentang Agar Tetap Segar

16 Maret 2023 07:10 WIB

SonoraBangka.id - Kentang merupakan bahan makanan serbaguna, bisa diolah menjadi aneka makanan dengan berbagai bentuk. Misalnya, kamu dapat mencampurkan kentang ke dalam sup, membuat kentang balado, atau sekedar menggorengnya menjadi camilan sekaligus lauk. Jika dibandingkan dengan beberapa sayuran lain, kentang termasuk bahan makanan yang dapat disimpan lama. Namun, caranya harus benar. Dilansir dari The Kitchn, simak empat cara menyimpan kentang agar tetap segar dan tidak menghitam berikut ini.

1. Simpan kentang di tempat yang sejuk

Pertama, pastikan untuk menyimpan kentang di tempat yang jauh dari sinar matahari. Kentang akan tetap segar bila disimpan di tempat sejuk dan gelap, seperti lemari dapur dengan suhu 7-12 derajat celsius. Jika terkena panas atau disimpan di suhu lembap dan hangat, kentang akan cepat bertunas dan membusuk. 

2. Hindari menyimpan kentang di kantong plastik

Plastik bisa dijadikan wadah apa saja, termasuk untuk menyimpan aneka bahan makanan. Namun, sebaiknya jangan menyimpan kentang di dalam plastik. Sebab, plastik akan meningkatkan kelembapan dan membuat kentang cepat busuk. Kentang dapat disimpan di wadah seperti kantong kertas, keranjang sayuran, atau mangkuk yang biasa ada di rumah.

3. Jangan simpan kentang di kulkas

Kentang tidak perlu disimpan di kulkas. Cukup di suhu ruang dengan temperatur yang sudah disarankan. Sekilas, menyimpan kentang di kulkas memang tidak ada salahnya. Namun, tempat bersuhu dingin ini tidak mampu memperpanjang umur simpan kentang. Suhu dingin kulkas justru bisa berbahaya karena berpotensi mengubah pati sayuran dalam kentang menjadi gula.

4. Jauhkan kentang dari bawang, pisang, dan apel

Kentang sebaiknya disimpan jauh dari beberapa bahan makanan, seperti bawang, pisang, dan apel. Ketiga sayuran dan buah tersebut dapat menghasilkan gas etilen, membuat kentang berpotensi lebih cepat busuk dari waktu seharusnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Simpan Kentang agar Tetap Segar, Apa Perlu Taruh Kulkas?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/15/183300675/4-cara-simpan-kentang-agar-tetap-segar-apa-perlu-taruh-kulkas-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm