Jumlah asupan kalsium harian demi cegah osteoporosis
Jumlah asupan kalsium harian demi cegah osteoporosis ( Jian Fan)

Dokter Ungkap Takaran Konsumsi Kalsium per Hari Guna Cegah Osteoporosis

17 Maret 2023 10:08 WIB

SonoraBangka.id - Memang, mengkonsumsi sumber makanan tepat berpengaruh besar bagi kondisi tubuh, termasuk untuk kekuatan tulang.

Salah satu sumber nutrisi untuk memperkuat kondisi tulang yakni kalsium yang dapat mencegah osteoporosis.

Berdasarkan siaran pers dari Anlene, Dr. dr. Tirza Tamin, Sp.KFR (K) selaku perwakilan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) mengungkap aspek kesehatan dan nutrisi yang diperlukan kelompok lanjut usia.

"Di Indonesia, 1 dari 3 orang kelompok usia dewasa di Indonesia memiliki risiko terkena osteoporosis. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran mengenai tanda-tanda osteoporosis seperti sakit punggung, postur tubuh yang membungkuk, hingga tinggi tubuh lambat laun semakin pendek," ujar dr. Tirza.

Ia memaparkan bahwa umumnya kelompok usia dewasa merasa bahwa gejala osteoporosis adalah karena kelelahan biasa dan bukan tanda penuaan.

Takaran Konsumsi Kalsium untuk Cegah Osteoporosis

Menurut dr. Tirza, gejala osteoporosis dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup yang sehat dan memenuhi nutrisi tubuh.

"Salah satu nutrisi utama yang dapat menjawab hal tersebut sekaligus mencegah osteoporosis adalah kalsium," papar dr. Tirza.

Kalsium bisa diperoleh dengan mudah, salah satunya melalui produk susu.

Tak boleh sembarangan, ada takaran mengonsumsi kalsium di setiap umur. Berikut penjelasannya:

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm